Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Desa Kaligading Gelar Sosialisasi P3TGAI


SIBERONE.COM - Dalam rangka untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dan sebagai upaya untuk peningkatan kemampuan ekonomi, serta membuka lapangan pekerjaan ditengah kondisi pandemi Covid–19, Kepala Desa Kaligading dan Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air(P3A), Wahana Mulya Desa Kaligading Kec.Boja, Kab.Kendal menggelar Sosialisasi Padat Karya Tunai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) kepada masyarakat petani, bertempat di Kantor Desa Kaligading, Selasa (23/3/2021).

 

Kendal-Kepala Desa dan Ketua "P3A-Wahana Mulya” mensosialisasikan Program P3TGAI kepada Masyarakat, 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi, Kepala Desa Kaligading, H.Rofi,i, Sekcam Boja Bpk. Mulyadi, S.H, Perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggota, Ketua P3A-Wahana Mulya beserta pengurus dan sejumlah warga Desa Kaligading.

 

Kepala Desa Kaligading H.Rofi,i, menjelaskan “P3TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi Desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar serta berkontribusi untuk ketahanan pangan, dan P3TGAI dilaksanakan dengan metode swakelola, pola pemberdayaan dan partisipatif,” kata H.Rofi,i Kades desa Kaligading.

 

Musyawarah Desa ini dalam rangka Program P3TGAI Desa Kaligading,

Ia juga menambahkan ” tidak semua desa mendapatkan alokasi bantuan melalui P3A-Wahana Mulya dengan program P3TGAI, program ini swakelola dengan teknis pekerjaan harus dikerjakan secara swakelola dan memberdayakan masyarakat sekitar, dari program ini yang akan diterima oleh "P3A-Wahana Mulya” senilai 195 juta.(Seratus Sembilan Puluh Lima Juta).

 

Ketua P3A-Wahana Mulya ARIFIN menyampaikan " P3A-Wahana Mulya yang mendapat bantuan program ini, hanya untuk Kelompok Wahana Mulya yang sudah mempunyai status jelas dan berbadan hukum, dari program tersebut diharapkan bisa menambah kesejahteraan masyarakat dalam hal perairan di sawah, sehingga P3A ini bisa semakin baik, maju dan bisa meningkatkan hasil pertanian” terang Arifin Ketua P3A-Wahana Mulya.

 

Tim Pendamping Masyarakat dan Ketua P3A-Wahana Mulya Arifin, melakukan survey lokasi P3TGAI.

Dengan bantuan program ini saluran irigasi akan dibangun irigasi tersier. Karena sebelumnya saluran irigasi belum terbangun secara permanen sehingga saat turun hujan mudah terjadi banjir karena saluran air yang tidak bisa lancar. Serta dengan sosialisasi ini akan tercipta koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait dalam hal ini, Tim Pendamping Balai (TPB), Pemerintah Desa, Tim Pendamping Masyarakat (TPM), dan P3A-Wahana Mulya, sehingga program P3TGAI di Desa Kaligading dapat terlaksana sesuai dengan target rencana Kementerian PUPR dan tepat sasaran. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar