Hari Ini, Sebanyak 50 Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19


SIBERONE.COM - Puskesmas Tegal Barat Kota Tegal mengerahkan tenaga medis dalam pelaksanaan vaksinasi dinamis bagi warga lanjut usia (lansia), Jumat (5/3/2021).

 

Menurut Ujang salah satu petugas pendaftaran mengatakan tenaga medis ini akan melayani lansia yang akan menjalani proses vaksinasi, mulai dari pendaftaran, registrasi, skrining hingga observasi selama 30 menit usai vaksinasi. "Hari ini, menurut data yang masuk di pendaftaran ada sebanyak 50 lansia.

 

Untuk memastikan apakah warga lansia yang datang layak divaksin atau tidak, tim medis akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Jika hasil skrining aman maka lansia tersebut langsung divaksin, apabila dianggap tidak aman maka pemberian vaksin akan ditunda.

 

"Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi lansia yang mengikuti vaksin. Sejauh ini tidak ada kendala dalam pemberian vaksin dosis pertama bagi lansia di sini," ucap Ujang.

 

Ujang melanjutkan, untuk lebih memastikan kondisi kesehatan lansia setelah disuntik vaksin pihaknya mewajibkan mereka menjalani observasi telebih dahulu selama 30 menit. Apabila tidak ada keluhan, maka mereka diperbolehkan pulang.

 

"Setelah divaksin, mereka tidak boleh keluar rumah selama tiga hari guna mencegah terjadinya ikutan pasca imunisasi (IPI)," ungkap Ujang.

 

Pantauan dilapangan, nampak antusias para lansia mengikuti vaksinasi, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar