Warga Penggaron Kidul Trauma Luapan Kali Babon


SIBERONE.COM - Warga kelurahan penggaron kidul yang berada di sisi bantaran kali Babon trauma atas luapan air yang sering terjadi sebulan yang lalu dan yang terjadi seminggu kemarin.

 

Kali Babon merupakan deretan kali ( kanal disemarang ) yang potensial mengalami volume / debit air meluap.

Ini dikarenakan sub arus sekunder dari normalisasi kali utama diantara nya kali diantaranya banjir kanal timur dan kali Bagong.

Kondisi tersebut dikarenakan pembagian debit air bendungan kuncen blancir harus seimbang ,mengingat insfratruktur bendungan kapasitas terbatas juga fisiknya sudah rentan jebol.

 

"Daya tampung bendungan kuncen blancir terbatas,jadi petugas harus sigap untuk mengalirkan secara langsung dengan debit yang seimbang.

 

Apalagi adanya normalisasi banjir kanal timur kami harus mengendalikan air proporsional,tentunya dengan melihat kali yang besar termasuk kali Babon," tegas ahmadun petugas pintu air bendungan kuncen, saat dikonfirmasi siberone com.

 

Minggu 14/2/2021,warga kelurahan penggaron kidul RT 01,02,04 RW 4 bersama anggota pemuda Pancasila pengurus ranting penggaron kidul kecamatan pedurungan yang diketuai pink pranata ber empati ikut kerja bakti penalutan tepi sungai kali babon yang minggu kemarin  

Luapan sungai Babon meluber sampai kerumah warga setinggi 30 cm - 70 cm.

 

Warga trauma karena sekarang hujan deras sedikit rawan banjir akibat luapan kali Babon. " Padahal sudah 8 thn lebih ini tidak terjadi.

Tapi kemarin bikin kami stress ujan dikit banjir ", keluh Wahyudi warga RT 03/ RW 04 pada banjir kemarin rumahnya terendam hampir satu meter, padahal jaraknya jauh sampai ratusan meter dari bantaran kali Babon.

 

Senada juga disampaikan pak Nurul hilal sbg pengurus LPMK ," akibat luapan kali Babon bikin trauma warga, terutama warga yang sudah tua tapi dirumah sendiri", desahnya sambil menguruk bibir sungai yang jebol karena derasnya luapan air" Alhamdulillah warga sini kesadarannya tinggi untuk membantu warga lain yang terdampak ,dan ini upaya untuk mengantisipasi luapan selanjutnya ". Lanjutnya sambil meneruskan kegiatannya bersama warga.minggu 14/2/2021

 

Kali Babon merupakan jalur air (sungai) prioritas selain sungai kanal barat ,sungai kanal timur dan kali Bagong ( perbatasan Semarang Demak).

Pada kisaran tahun 1992 pernah dinormalisasi dr bendungan kuncen blancir sampai Genuk.

Sekarang dangkal dan terkesan dibiarkan.

 

(Agus r)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar