Bupati Batang Sambangi dan Berikan Bantuan Warga Akibat Tebing Longsor


Siberone.com - Bupati Batang Wihaji sambangi tebing longsor yang menimpa satu rumah Milik Margono (50) di Dukuh Keradenan Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Kamis (11/2/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Batang Wihaji didampingi oleh Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, saat ini masih dilakukan tindakan darurat pembersihan puing-puing longsoran, dan rumah agar tidak terjadi longsor susulan.

Tahun ini, Lanjut dia, sudah dianggarankan untuk perbaikan dari Jalan Bandar hingga Gerlang yang nilainya mencapai Rp7 miliar, yang nantinya salah satunya bisa untuk perbaikan tebing.

“Insyaallah segera kita perbaiki secara permanen, karena bulan Juli tahun ini DPU PR sudah mulai pengerjaan pelebaran Jalan Bandar-Gerlang. Jadi nanti bisa sedikit untuk alokasi pembuatan tebing,” tuturnya.

Untuk korban rumah roboh yang terkena longsoran tebing jalan akan dibantu melalui program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).  

“Kita pastikan Pemerintah Kabupaten Batang bantu korban rumah yang terkena longsor. Tetapi juga saya minta Pak Kades untuk ikut membatu secara swadaya,” tandasnya. 

Sementara itu, Margono pemilik rumah yang terkena longsor tebing sangat mengapresiasi kepedulian Pemkab Batang. 

“Saya masih susah tapi alhamdulilah senang, karena mendapat bantuan dari Bapak Bupati, dan Bapak Wakil Bupati Batang Suyono kemarin juga sudah menyambangi kami,” ucapnya. 

Ia pun menceritakan musibah longsor tebing yang terjadi pada Senin (8/2/2021) yang disebabkan hujan deras sehingga drainase tebing tidak mampu menampung debit air. 

“Sekira pukul 04.00 WIB, saya terbangun dari tidur karena mendengar suara air masuk rumah dari tebing, saat itu pula saya dan keluarga keluar dari rumah yang tidak berselang lama, tebing setinggi 10 meter dengan panjang 20 meter longsor,” pungkasnya,(tok)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar