Perkuat Digitalisasi Pelayanan Publik Daerah 3T, PLN Icon Plus Asesmen Jaringan Internet Kemenag Natuna


SIBERONE.COM – PLN Icon Plus dan Tim IT Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melakukan asesmen bersama jaringan Internet dalam rangka peningkatan kualitas layanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kemenag Natuna. 

Kemenag Natuna merupakan pelanggan setia PLN Icon Plus yang diaktivasi sejak tahun 2019. Layanan yang diberikan oleh PLN Icon Plus adalah Internet Corporate Dedicated, Internet Broadband Corporate (IBBC), Managed Service Perangkat Router, dan Akses Poin. 

Kegiatan asesmen pada akhir bulan Mei 2024 ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Trimo, Pejabat IT Kemenag Natuna dan Imam Prasetyo, Manager Kantor Perwakilan Batam Kepri PLN Icon Plus, beberapa pekan lalu di Batam. 

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai improvement layanan di Kemenag Natuna, khususnya optimalisasi bandwidth internet dan konfigurasi akses poin untuk mendukung proses bisnis dan pelayanan kepada masyarakat.

Kabupaten Natuna merupakan salah satu kepulauan terluar (paling utara) Indonesia yang masuk dalam kategori 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), terletak di selat Karimata.

Dalam mendukung jaringan internet dan digitalisasi di Kabupaten Natuna, PLN Icon Plus menggunakan infrastruktur fiber optik Kominfo BAKTI jalur Batam-Tarempa-Natuna-Singkawang. 

Selain pelanggan korporasi dan PLN, PLN Icon Plus juga telah menyediakan layanan internet retail Iconnet di daerah Natuna, yakni lebih dari 3.200 homepass telah terbangun. 

Untuk mendukung layanannya, sudah disediakan dua tim Service Point (Servpo) di mana tidak hanya tersedia manpower yang kompeten, tetapi alat perlengkapan fiber optik juga lengkap tersedia di Natuna.

Proses asesmen jaringan di Kantor Kemenag Natuna yang dilakukan oleh Heri Tabrani, Engineer Onsite Internal PLN Icon Plus Natuna, berjalan lancar. Dalam prosesnya, secara garis besar telah dilakukan dua poin improvement.

"Semua yang bertujuan improvement, kalau tidak kita coba, kita tidak pernah tahu yang bagaimana sebaiknya. Sekarang jaringan makin baik, dan bismillah ke depan supaya pelayanan terus dijaga dan ditingkatkan," ungkap Trimo, Pejabat IT Kemenag Natuna, Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, General Manager PLN Icon Plus Sumbagteng, Bahru Rodi Ilmawan, mengatakan pihaknya berkomitmen menyediakan jaringan internet yang andal untuk masyarakat 3T dan mendukung digitalisasi Indonesia. 

“PLN Group berkomitmen untuk dapat mewujudkan keadilan sosialz utamanya bagi mereka yang tinggal di daerah 3T, dengan mengalirkan listrik dan internet," ujarnya.

Menurutnya, PLN Icon Plus sudah punya 3.200 homepass dan lebih dari 1.500 pelanggan Iconnet aktif di Ranai, Natuna. Natuna ini salah satu pulau terluar Indonesia, kita percepat digitalisasi di sana, pungkas Bahru.

Terpisah, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengungkapkan jika PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond KWH siap mempercepat transformasi digital di Indonesia dengan pemerataan akses internet di daerah 3T. ***


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar