Damkar Inhil Laksanakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Pemukiman

Foto bersama setelah pelaksanaan Sosialisasi dan Edukasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Tahun 2024, Jumat ((17/05/2024). (Dok. DPKP Inhil)

SIBERONE.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir (DPKP Inhil) melaksanakan Sosialisasi dan Edukasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Tahun 2024, Jumat ((17/05/2024). 

Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di Jalan Pangeran Hidayat Tembilahan ini dibuka oleh Kepala DPKP Inhil, H. Nursal Sulaiman yang diwakili Sekretaris DPKP Inhil, Suryawirawan. 

Kepala DPKP Inhil, H. Nursal Sulaiman mengungkapkan  kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan kemampuan masyarakat untuk mengurangi risiko sekecil apapun agar mencegah terjadinya musibah kebakaran dan berbagai aspek yang terkait tentang pencegahan kebakaran dan penanganan saat terjadi kebakaran.

 

"Kita berharap masyarakat mempunyai keterampilan dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran, sehingga dengan mempunyai kemampuan tersebut kita berharap masyarakat bisa mencegah lebih dini supaya tidak ada musibah kebakaran ditengah-tengah pemukiman penduduk," ucap H. Nursal. 

Kata H. Nursal, dalam kesempatan itu pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar saat terjadi musibah kebakaran, warga harus saling bahu membahu saling membantu agar kebakaran segera bisa dipadamkan. Salah satunya dengan membantu mengamankan lokasi dan sumber air yang tersedia.

"Tentunya kami berharap kedepannya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir dan seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh dalam menghadapi ancaman kebakaran," terangnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu petugas memberikan penjelasan dan edukasi dasar mengenai apa saja yang menyebabkan terjadinya kebakaran, media alat pemadam kebakaran tradisional dan modern serta cara penggunaannya (penanganan kebakaran di dapur dan cara penggunaan alat pemadam api ringan dan media karung goni), dan tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat serta memberikan informasi tentang cara mengidentifikasi potensi bahaya kebakaran di sekitar rumah dan lingkungan mereka.

Untuk pengaduan kebakaran dan non kebakaran bisa mendatangi langsung pos pelayanan DPKP Inhil di Jalan SKB,  Kelurahan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan atau dengan menghubungi nomor layanan kedaruratan di (0768 24488).

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar