Tanggapi Keluhan Wali Murid Tentang Trend Perpisahan, Disdik Inhil Akan Keluarkan Surat Edaran

Kepala Bidang (Kabid) Pembina SD, Fauzan Amrullah (sumber foto: Kilasriau.com)

SIBERONE.COM - Beredar di media sosial Facebook Laman Grup Berita Inhil tentang postingan seorang pengguna Facebook yang mengungkapkan keberatannya atas acara perpisahan bagi siswa-siswi yang menjadi trend di setiap tahunnya. 

Postingan yang diunggah pengguna @Abu Ahmad ini menjadi perhatian publik dan mendapat respon pro dan kontra tadi warganet. 

"Fenomena tradisi perpisahan siswa.

Mau batakon ni...kalau ada pejabat dinas pendidikan disini. Tentang perpisahan anak sekolah apakah termasuk bagian kurikulum pendidikan ? Apalagi dengan standar baju seragam perpisahan, yang kadang membebani wali murid dengan biaya sampai 300 RB an lebih, apa lagi ditengah perekonomian rakyat yg masih sulit. Padahal baju itu diperlukan cuma satu hari saja. Dan terkadang sengaja dijadikan tradisi karena disitu ada peluang cuan oknum guru dalam pengadaan bahan kain sampai jahitan ke penjahit dgn skala besar. Terkadang ditambah dengan acara carteran orgen tunggal dengan acara heforia belaka.

Dan disisi lain juga, apakah dengan itu bisa meningkatkan kualitas mutu pendidikan siswa, sedangkan siswa itu membutuhkan biaya lagi untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Belum lagi, bahkan anak TK pun sudah ada wisuda kayak mahasiswa, baju wisuda sewa, blom lagi orang tuanya dibebani lagi baju seragam pula dengan biaya pula. Apakah pendidikan dinegeri ini lebih mementingkan kuantitas atau kualitas?

Akal dimana akal," begitu tulisan yang diunggah @Abu Ahmad. 

Dari postingan tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memberikan respon terkait keluhan orang tua dan wali murid tentang trend perpisahan siswa yang terjadi setiap tahun kelulusan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembina SD, Fauzan Amrullah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa setiap  tahunnya Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil terus mengeluarkan Surat Edaran tentang terkait perpisahan. 

"Setiap tahun kita selalu membuat surat, surat edaran terkait perpisahan," ucap Fauzan, Rabu (24/04/2024). 

Dan untuk tahun ini, kata Fauzan surat edaran juga akan segera dikeluarkan. 

"Yang tahun ini baru akan kita buat," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar