Wujudkan Pemilu Damai 2024, Polsek Tembilahan Hulu Meratakan Cooling Sistem Hingga Pelosok Desa

Personil Polsek Tembilahan Hulu dalam perjalanan menggunakan pompong untuk melaksanakan Cooling Sistem di Desa yang terdampak banjir. (Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo tentang pengamanan pemilu tahun 2024 oleh Kepolisian Negara RI (Polri), Kepolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo berstrategi menggencarkan Operasi Nusantara Sistem Pendinginan (Cooling System) pemilu damai 2024.

Pemilu atau Pemilihan Umum merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Pemerintah negara yang dibentuk melalui Pemilihan Umum itu adalah yang berasal dari rakyat, dijalankan sesuai dengan kehendak rakyat dan diabdikan untuk kesejahteraan rakyat atau yang biasa dikenal "Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat".

Pemilu merupakan pesta demokrasi bagi warga negara. Dan pemilu damai merupakan hak bagi seluruh warga negara. Untuk itu Polri menggiatkan cooling sistem pemilu damai 2024 untuk bersama-sama mewujudkan pemilu 2024 menjadi pemilu yang damai, aman dan bersih. 

Operasi Cooling Sistem ini dilakukan seluruh jajaran Polri tanpa terkecuali. Seperti hal nya Polsek Tembilahan Hulu dibawah Pimpinan Kapolsek, AKP Ricky Marzuki SH, Polres Indragiri Hilir yang dipimpin oleh AKBP Budi Setiawan S.I.K., M.I.K. Polda Riau, dibawah pimpinan Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H.

Kegitan tersebut sebagai tindak lanjut mendukung Program Prioritas Kapolri No.VII Poin 32 tentang Penguatan Harkamtibmas dan pergelaran personil berseragam pada daerah rawan kejahatan serta dalam rangka pelaksanaan "Ops Mantap Brata Lancang Kuning Tahun 2023-2024".

Kecamatan Tembilahan Hulu merupakan Kecamatan yang terletak di Kabupaten yang berjarak lebih kurang 220 KM dari Ibu Kota Provinsi tentunya menjadikan Polsek Tembilahan Hulu harus lebih aktif menyambangi masyarakat di wilayah binaan yang jauh dari pusat demi melakukan cooling sistem dan mensosialisasikan pemilu damai 2024.

Kecamatan yang terdiri dari 2 kelurahan dan 4 desa dengan akses antar desa yang tidak semua bagus mengharuskan personil untuk mempersiapkan diri dengan ekstra untuk menyambangi masyarakat. Namun hal itu tidak menyurutkan sedikitpun tekat personil Polsek Tembilahan Hulu untuk mendedikasikan diri memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

2 Kelurahan dan 4 Desa tersebut diantaranya Kelurahan Tembilahan Hulu, Kelurahan Tembilahan Barat, Desa Pekan Kamis, Desa Pulau Palas, Desa Sialang Panjang dan Desa Sungai Intan. Tentunya setiap desa dan Kelurahan memiliki tantangan dan kesulitan sendiri bagi Polsek Tembilahan Hulu. 

Kecamatan Tembilahan Hulu memiliki keadaan geografis berupa dataran rendah dengan ketinggian antara 0 s.d. 1,75 m dari permukaan laut atau sungai, sering terjadi banjir musiman apabila air pasang dalam disertai curah hujan yang cukup tinggi. Dengan geografis demikian, wilayah Tembilahan Hulu dengan dataran yang rendah dan berada di tepian sungai Indragiri akan tergenang banjir jika terjadi curah hujan atau terjadi pasang air laut. Utamanya saat ini, dengan curah hujan yang cukup tinggi, serta air laut yang pasang membuat Tembilahan Hulu kerap terjadi banjir. 

Hal ini menjadi suatu masalah dalam menjalankan tugas Polsek Tembilahan Hulu terutama sama upaya cooling sistem pemilu damai 2024 yang mengharuskan Polsek Tembilahan Hulu menyusuri setiap sudut desa untuk memberikan sosialisasi dan imbauan. Namun hal demikian tidak menghalangi Polsek Tembilahan Hulu untuk tetap menjalankan tugas. Berbekalkan tekad mengabdi untuk negeri, Polsek Tembilahan Hulu terus menjalankan tugas mengupayakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu. 

Terlebih lagi, di musim-musim politik yang sudah memasuki masa-masa kampanye, rentan terjadinya perpecahan akibat berbedanya pendapat dan pilihan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Personil Polsek Tembilahan Hulu rutin melakukan cooling sistem sosialisasi dan imbauan pemilu damai 2024 kepada masyarakat. 

Cooling sistem ini tidak dilakukan saat patroli saja, personil Polsek Tembilahan Hulu kerap bercengkrama dan berdiskusi dengan masyarakat yang ditemui. Dibalik diskusi singkat tersebut, acap kali personil Polsek Tembilahan Hulu menyelipkan sosialisasi pemilu damai. Polsek Tembilahan Hulu juga melakukan sholat berjamaah keliling di Wilayah Hukum Polsek Tembilahan Hulu, dan biasanya usai melakuakn sholat berjamaah personil Polsek Tembilahan Hulu juga menyempatkan diri berbincang terkait pemilu damai 2024.

Jika dilihat, rasanya apresiasi dan tepuk tangan saja masih kurang cukup menggambarkan kekaguman atas kerja keras, dedikasi dan pengabdian Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mengayomi, menjaga dan menertibkan masyarakat terkhusus pada Polsek Tembilahan Hulu. Mereka (Personil Polsek Tembilahan Hulu) harus melewati jalan yang berlubang, becek, banjir bahkan harus menggunakan kendaran laut pompong dengan melintasi sungai yang diketahui dihuni banyak predator buas laut atau buaya untuk sampai ke desa binaan. 

Memang tidak semua akses di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu tidak memungkinkan, seperti Kelurahan Tembilahan Hulu, Kelurahan Tembilahan Barat, Desa Pulau Palas dan Desa Pekan Kamis masih bisa dilalui kendaraan bermotor dan akses jalan yang bagus. Desa Sungai Intan yang masih terbilang aman. Namun untuk Desa Sialang Panjang, akses jalan rusak dan lumayan memakan waktu karena lokasi yang jauh, serta jika terjadi banjir maka harus menggunakan pompong dan melewati Sungai yang dihuni buaya. 

Berbagai upaya yang dilakukan Polsek Tembilahan Hulu untuk menyampaikan pemilu damai 2024 kepada masyarakat seperti Cooling sistem, Menyambangi masyarakat, setiap RT dan RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyrakat, dari desa ke desa. Personil Polsek Tembilahan Hulu juga memberikan sosialisasi dan imbauan terkait pemilu damai 2024 setiap melaksankan sholat berjamaah, program jumat curhat, acara keagamaan serta acara sosial. 

Dalam mewujudkan pemilu damai 2024 ini, Polsek Tembilahan Hulu juga sudah mengajak seluruh lapisan emelem masyarakat dan pemerintah daerah untuk berkerjasama menciptakan pemilu damai 2024. Personil Polsek Tembilahan Hulu telah menyasar sampai ke desa terpelosok hingga dusun terpencil. Semua dilakukan demi mensukseskan pemilu damai 2024. 

Sosialisasi yang diberikan Polsek Tembilahan Hulu seputar pemilu damai 2024 ini mencakup pembinaan terhadap kegiatan-kegiatan positif kepada masyarakat, mengedukasi dan memberikan pengertian terkait pemilu, mengajak masyarakat untuk memerangi politik uang (Money Politic), ujaran kebencian, penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, provokasi, menghasut, menyebarkan berita bohong dan SARA. 

Selain melakukan edukasi dan sosialisasi pemilu damai 2024, Polsek Tembilahan Hulu juga sudah mempersiapkan personil Polsek Tembilahan Hulu untuk  mengantisipasi segala potensi spektrum ancaman yang terjadi pada setiap tahapan pemilu. Serta selalu berkerjasama dan berkomunikasi dengan jajaran pemangku kepentingan penyelenggara pemili dan tokoh masyarakat, termasuk dengan tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat.

Kapolsek Tembilahan Hulu mengatakan bahwa perbedaan pilihan dan perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam kehidupan, terlebih pada politik, namun jangan sampai pemilu merusak silaturahmi. Jangan sampai pemilu membelah kita, merusak tatanan sosial kehidupan sesama. Pemilu adalah kontestasi yang berulang, Jadikan pemilu sebagai ajang seleksi pemimpin kita mendatang, mereka adalah putra-putri terbaik bangsa. Jangan terpecah karena aset besar bangsa Indonesia adalah persaudaraan, kerukunan, persatuan. 

Kami berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan tidak hanya di musim politik saat ini tetapi juga untuk seterusnya. Jangan terpecah belah karena perbedaan pilihan politik di Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024.

Operasi yang sudah dilakukan sejak tanggal 11 Septermber 2023 lalu ini diharapkan mampu  mendesiminasikan informasi dan pengertian terhadap pemilu damai 2024 kepada masyarakat terkhusus di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu. 

Dari upaya dan pendekatan yang sudah rutin dilakukan personil Polsek Tembilahan Hulu, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Ricky Marzuki berharap pada pemilu tahun 2024 mendatang akan berjalan dengan damai. Polri tetap bersama masyarakat hadir untuk memantau dan memberikan perlindungan keamanan kepada masyarakat. 

Jangan masyarakat jadikan perbedaan tersebut sumber perpecahan diantara warga, baik sebelum, pada saat dan setelah pemilu tetap jaga kerukunan dan kesatuan antar warga, mari sukseskan Pemilu Tahun 2024.

Persiapan pesta demokrasi di 2024 mendatang menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, termasuk aparat keamanan. Mustahil apabila tak ada tantangan menjelang pemilu 2024, sebagaimana yang diketahui, kemanan dan ketertiban menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menyongsong penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selain cooling sistem, Polsek Tembilahan Hulu berkomitmen akan berusaha maksimal untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 dan menanggulangi berbagai permasalahan yang berkemungkinan muncul pada menjelang hingga pelaksanaan rangkaian pemungutan suara selesai. 

Tetap berpegang teguh pada UUD 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, mari bersama menghormati dan meningkatkan toleransi antar sesama demi terwujudnya PEMILU DAMAI 2024.

 

 

Oleh: Nia Nismaini

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar