Dinkes Inhil Gelar Rapat Pembentukan dan Evaluasi Jejaring Skrining Layak Hamil, ANC, SHK dan Stunting

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri saat memberikan sambutan pada rapat pembentukan dan evaluasi jejaring skrining Layak Hamil, ANC, SHK dan Stunting, (sumber foto: Dok. Dinkes Inhil) )

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar Rapat Pembentukan dan Evaluasi Jejaring Skrining Layak Hamil, Antenatal Care (ANC), Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) dan Stunting tahun 2023 yang digelar di salah satu hotel di Tembilahan, Rabu (20/09/2023). 

Kegiatan ini diikuti seluruh Kepala Puskesmas dan Bidan Koordinator Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir. 

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM MKL dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini yaitu untuk tersosialisasinya pedoman kedokteran dalam tatalaksana stunting, terbentuknya tim jejaring skrining layak hamil dan stunting Kukar, terbentuknya alur rujukan dalam penanganan gizi buruk dan stunting, dan terbentuknya jejaring antara Rumah Sakit dan Puskesmas dalam penanganan stunting.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu, bayi lahir mati dan bayi baru lahir, serta percepatan penurunan prevalensi stunting," ucap Rahmi. 

Untuk memenuhi tujuan tersebut, Rahmi menyebut perlu adanya sistem informasi dan pencatatan serta pelaporan yang efektif.

"Oleh karena itu, perlu upaya penguatan manajemen program kesehatan ibu dan anak termasuk kegiatan Pembentukan dan Evaluasi Jejaring yang bertujuan untuk koordinasi dan kerjasama antara semua pihak yang harus saling mengenal dan saling percaya agar dapat memberikan pelayanan dengan baik. Sehingga diperlukan Perjanjian kerjasama," pungkasnya. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar