Percepat Pengurusan KIA, Disdukpencapil Inhil Lakukan PKS dengan 3 SD Negeri di Tembilahan

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Disdukpencapil Inhil dengan 3 Sekolah Dasar Negeri di Kota Tembilahan terkait KIA, Selasa (17/10/23). (sumber foto: Siberone.com)

SIBERONE.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir (Disdukpencapil Inhil) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait kepengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) bersama 3 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Tembilahan,

Penandatanganan yang dilangsungkan di Kantor Disdukpencapil Kabupaten Inhil Jalan Swarna Bumi, Tembilahan ini melibatkan SD Negeri 032 Tembilahan, SD Negeri 001 Tembilahan dan SD Negeri 003 Tembilahan, Selasa (17/10/2023).

Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil, Mizuar Efendi melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (Kabid PDIP) Disdukpencapil Kabupaten Inhil, Aldi Kusnandar mengungkapkan bahwa ini merupakan kali pertama pihaknya melakukan kesepakatan dengan pihak Sekolah Dasar dengan tujuan
sebagai identitas resmi dan memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik.

"Tujuan KIA ini adalah sebagai identitas resmi dan memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik, dan juga kita harapkan adalah pencapaian target nasional dalam rangka tertib administrasi kependudukan," kata Aldi saat diwawancarai.

Kabid PDIP Disdukpencapil Inhil itu menjelaskan alasan pihaknya memilih tiga SD Negeri tersebut dikarenakan ketiga SD Negeri itu adalah sekolah yang banyak memiliki murid/siswa. Kendati demikian, Aldi menyebut pihaknya berharap program jemput bola KIA di lingkungan pendidikan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

"Sebelumnyakan memang sudah ada pembuatan KIA ini ditingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kenapa saya pilih 3 SD ini, karena pertama dekat dengan kita, dan yang ke dua SD-SD ini adalah SD penggerak. Kita sangat-sangat berharap program ini berjalan sesuai dengan apa yang telah kita rancang, untuk memudahkan urusan masyarakat kita yang anaknya belum miliki Akta Kelahiran dan juga Kartu Identitas Anak," jelasnya.

Aldi mengatakan, setelah meneken perjanjian kerjasama pihaknya akan turun langsung ke sekolah-sekolah untuk melakukan jemput bola penerbitan KIA.

"Setelah kita penandatanganan kerjasama dan melengkapi apa-apa aja yang sekiranya diperlukan kita langsung action, bawak mobil, alat dan operator kita turun dan langsung cetak di sana," kata Aldi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 001 Tembilahan, Taslim mewakili SD Negeri lainnya mengapresiasi kegiatan penandatanganan kerjasama ini, menurutnya ini merupakan langkah maju untuk menuju Inhil satu data.

"Kami sangat mendukung Kerjasama ini. Dan ini merupakan langkah maju yang diambil oleh Disdukpencapil Inhil, mudah-mudahan semua berjalan lancar," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar