Ketua PMI Inhil Harap Program Quick Wins Mampu Penuhi Kekurangan Stok Darah

Ketua PMI Inhil, Hj. Zulaikhah saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah, Minggu (17/9/23). (sumber foto: Prokopim Inhil)

SIBERONE.COM - Quick Wins program Pelayanan Darah adalah program untuk mendukung nawacita di bidang kesehatan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) bertujuan menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, ibu bersalin dan nifas serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. 

Hal itu disampaikan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj. Zulaikhah Wardan saat menghadiri Sosialisasi Quick Wins Pelayanan Darah dan Launching Aksi Gerhana (Gerakan Sehat Tradisional) Kabupaten Indragiri Hilir yang ditahan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes Inhil). 

"Program Quick Wins Pelayanan Darah merupakan suatu usaha percepatan ketersediaan darah dari tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, dimana di setiap Kecamatan ditunjuk 50 relawan yang secara sukarela mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang membutuhkan," kata Zulaikhah, Minggu (17/09/2023). 

Lebih lanjut dikatakan Hj. Zulaikhah, bahwa saat ini Kabupaten Indragiri Hilir tiap bulannya membutuhkan lebih kurang 600 kantong darah untuk masyarakat yang berobat di rumah Sakit, namun hanya 300 kantong yang bisa dipenuhi.

"Untuk itu program Quick Wins Pelayanan darah menjadi salah satu upaya pemerintah Kabupaten Indragiri hilir melalui PMI Inhil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk memenuhi kekurangan kebutuhan stok darah," terang Hj. Zulaikhah.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar