Dinkes Inhil Ajak Lapisan Masyarakat Percepat Capaian IDL Pada Imunisasi Serentak 25 Oktober 2023

Ilustrasi Imunisasi Dasar Lengkap pada Anak (sumber foto: Abdi Persada FM)

SIBERONE.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhil mengeluarkan Surat Himbauan nomor : 1574 /DINKES-P2P/IX/2023 tentang Pelaksanaan Program Imunisasi dan Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Surat Himbauan itu dikeluarkan untuk  menindaklanjuti cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2023 yang belum mencapai target Nasional 100% yang mana capaian cakupan IDL di Kabupaten Indragiri Hilir hanya 31% di triwulan III Tahun 2023.

Surat yang ditujukan kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Inhil ini memiliki 6 poin diantaranya :

1. Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar dapat menggerakkan masyarakat di wilayah kerja saudara untuk mendapatkan imunisasi dan mengaktifkan posyandu

2. Camat, Lurah, dan Kepala Desa ikut membantu pihak Puskesmas dalam pelacakan Imunisasi pada anak untuk meningkatkan Capaian Imunisasi Rutin

3. Camat, Lurah, dan Kepala Desa membantu dalam pembuatan Instrumen Pelacakan MVMH (My Village My Home) untuk digunakan di Posyandu

4. Camat, Lurah, dan Kepala Desa mengarahkan kader membantu menghimbau Masyarakat/orang tua agar membawa anaknya ke Posyandu untuk mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL)

5. Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar dapat memantau pelaksanaan imunisasi di wilayah Kecamatan

6. Camat, Lurah, dan Kepala Desa ikut berpartisipasi dalam kegiatan "Kejar Imunisasi yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 25 Oktober 2023 guna meningkatan cakupan imunisasi di Kabupaten Indragiri hilir.

"Tentunya hal ini menjadi perhatian pemerintah melalui bidang kesehatan untuk memberikan Imunisasi Dasar Lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yang dapat mencegah dampak fatal terserang penyakit," ucap Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM MKL.

Rahmi pun mengajak segenap lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mengikuti pelaksanaan imunisasi serentak mulai 25 Oktober hingga 25 November.

"Ayo segera lakukan "Imunisasi Rutin Lengkap" banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan Imunisasi Rutin Lengkap sejak Anak usia dini. Selain dapat melindungi anak dari berbagai penyakit, dan dengan memberikan asupan yang bergizi. Kekebalan dan daya tahan tubuh anak juga menjadi meningkat," ujarnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar