Minum Tablet Tambah Darah Upaya Cegah Anemia Sejak Dini - Dinas Kesehatan Inhil

Ibu hamil dan remaja putri minum Tablet Tambah Darah pada peringatan HPN di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Selasa (16/5/23). (sumber foto: SIBERONE.COM/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Anemia adalah penyakit kurang darah yang disebabkan karena sel darah merah kurang dari normal atau kadar hemoglobin dalam darah kurang dari normal. kelompok yang paling rentan adalah anak-anak dan remaja putri.

Anemia biasanya disebabkan oleh pola makan rendah zat besi atau mengandung cukup banyak zat besi tetapi yang diserap sangat sedikit, malaria di daerah endimis, yang menyebabkan destruksi sel darah merah, cacingan, yang menyebabkan kehilangan darah jangka lama dan faktor keturunan.

Tablet Tambah Darah tentunya sangat berperan penting bagi remaja putri untuk mencegah anemia yang nantinya jadi calon ibu terus memperhatikan gizi sampai nanti saat sudah menikah dan menjadi seorang ibu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri membiasakan pola hidup sehat sejak dini sangat penting. Salah satunya adalah pemenuhan gizi bagi generasi muda.

"Pencegahan anemia sejak dini pada remaja putri ini sangat penting karena remaja putri pertumbuhannya cepat dan kebutuhannya meningkat, akan ada haid atau menstruasi, dan merekalah nantinya yang akan menjadi calon ibu yang melahirkan anak-anak sehat bebas stunting," ucap Rahmi.

Selain minum Tablet Tambah Darah, anemia juga dapat diatasi dengan berbagai cara diantaranya :
- Makan makanan sumber zat besi: telur, ikan, daging, ayam, kacang hijau, bayam dan sayuran hijau lainnya


- Makan makanan sumber vitamin C: jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, strawberry, atau buah lainnya
 

- Menghindari konsumsi penghambat zat besi: teh dan kopi


- Transfusi darah. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar