Kadinkes Inhil paparkan Manfaat ASI Ekslusif Pada Bayi

Kepala dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini) )

SIBERONE.COM - Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan alamiah berupa cairan Dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai Dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) melalui petugas kesehatan dan kader selalu mensosialisasikan dan mendukung pemberian ASI Ekslusif (ASI Saja) pada bayi usia 0-6 bulan.

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM. MKL. menjelaskan ASI Ekslusif adalah bayi sejak lahir usia 0-6 bulan hanya diberi ASI saja tidak diberi makanan ataupun minuman tambahan apapun, karena sudah memenuhi seluruh kebutuhan bayi.

"Mengapa demikian, kapasitas lambung bayi baru lahir sangat terbatas, hanya mampu menampung cairan sebanyak 10-20 ml atau setara Dengan 2-4 sendok teh. Kemudian sebelum berusia 6 bulan sistem pencernaan bayi belum terbentuk sempurna sehingga bayi belum siap mencerna makanan/minuman lain selain ASI.

Selain itu, kata Rahmi ASI saja dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi sejak baru lahir sampai berumur 6 bulan. Menunda pemberian makanan tambahan hingga bayi berusia 6 bulan dapat menghindari bayi dari obesitas (kegemukan).

Selain hal demikian, ASI diberikan kepada bayi karena mengandung banyak manfaat dan kelebihan. Di antaranya menurunkan risiko terjadinya penyakit infeksi pada bayi, ASI juga bisa menurunkan dan mencegah terjadinya penyakit non infeksi seperti penyakit obesitas, kurang gizi, asma dan meningkatkan IQ dan EQ anak serta menciptakan ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi.

Bayi merasa terlindungi dalam dekapan ibu, mendengar langsung suara detak jantung ibu dan merasakan sentuhan ibu pada saat menyusui.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar