Saksikan Proses Panen Madu Lebah Budidaya, Bupati Inhil Akan Bantu Label Halal dan Produk

Bupati Inhil, HM Wardan meninjau lokasi madu lebah budidaya milik Kelompok Tani Madu Rimba Jaya Desa Harapan Jaya kecamatan Tempuling, Kamis (21/09/2023). (sumber foto: Prokopim Inhil)

SIBERONE.COM -  Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri serta menyaksikan secara langsung proses panen madu lebah budidaya milik Kelompok Tani Madu Rimba Jaya Desa Harapan Jaya kecamatan Tempuling, Kamis (21/09/2023). 

Dapat mengonsumsi madu dari alam merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang, begitu juga bagi Bupati Inhil HM Wardan

Pada sambutannya Bupati HM Wardan memberikan apresiasinya atas keberadaan kelompok tani madu yang beranggotakan 27 orang tersebut yang mana setiap panennya dapat menghasilkan 2 ton madu yang siap konsumsi yang berasal dari 3500 kotak sarang.

"Ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa, dengan hasil panen yang besar tersebut tentunya ada penanganan yang handal dari setiap petaninya," ungkap Bupati. 

Meskipun hasil panennya melimpah namun petani madu Masi kesulitan dalam hal pemasarannya, untuk itu Bupati HM Wardan mengatakan bahwa Pemda Inhil siap memberikan bantuan melalui bidang terkait. 

"Pemda akan membantu petani madu agar dapat memasarkan madu nya lebih luas lagi, baik itu berupa Lebel halal dan Lebel produk akan kita usahakan," ucap Bupati. 

"Hal ini kita lakukan agar petani kita dapat menjual madu nya secara langsung bukan melalui orang yang lebih mementingkan keuntungannya Tampa memikirkan kesejahteraan petani madu ini," jelas Bupati

Bupati juga mengucapkan terimakasih nya kepada pihak perusahaan SLR yang telah mensupport para masyarakat terutama petani madu. 

"Tentunya dengan dukungan serta kolaborasi yang baik dari masyarakat beserta pihak perusahaan hal ini dapat terwujud, karna lebah dari petani ini memanfaatkan nektar dari bunga pohon akasia yang merupakan milik perkebunan perusahaan, untuk itu saya sangat bersyukur dan berharap kolaborasi ini dapat terus terjalin," imbuhnya.

Pelaksanaan ini dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung proses panen madu dari sarang buatan hingga menjadi madu dalam kemasan yang siap konsumsi.

Turut Hadir beberapa Pimpinan OPD, Camat Tempuling, Kepala Desa Harapan Jaya dan kelompok tani hutan serta undangan lainnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar