Harpelnas 2023, BPJAMSOSTEK Pastikan Kemudahan Layanan Jadi Prioritas

Penyerahan secara simbolis santunan BPJAMSOSTEK (sumber foto: BPJAMSOSTEK)

SIBERONE.COM - Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati setiap tanggal 4 September selalu menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk mempererat hubungan dengan para peserta. Kali ini, dengan mengusung tema “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJAMSOSTEK kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

Sempena Harpelnas 2023, salah satu Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK, Subchan Gatot hadir langsung di Kantor Cabang (Kacab) BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota untuk menyapa dan melayani peserta sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJAMSOSTEK.

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat Hari Pelanggan Nasional kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hari ini kami hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan. Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar ke depan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan mereka,” ujar Subchan, Senin (4/9/2023).

Subchan menjelaskan bahwa untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital. Saat ini seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas.

Tak hanya itu, di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan dimana saja.

“Hingga semester I tahun 2023 kami telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun. Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 3 persen. Secara keseluruhan succes rate klaim kami juga mencapai 99,88 persen. Hal ini membuktikan bahwa peserta kian mudah mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan," papar Subchan.

“Ini adalah bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera. Meski tak dapat menggantikan kehadiran orang tersayang, namun kami berharap manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dapat membantu keluarga melanjutkan hidupnya dengan layak dan bebas cemas,” tambah Subchan.

Menutup kunjungannya ini, Subchan mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat terlindungi program jaminan sosial Ketenagakerjaan agar bisa Kerja Keras Bebas Cemas. Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.

“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional Tahun 2023. Semoga dengan beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini, hubungan peserta akan semakin erat dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan diri dan seluruh orang-orang terdekatnya sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” sebut Subchan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan Sumbarriau–Kepri, Eko Yuyulianda menambahkan bahwa rangkaian kegiatan Hari Pelanggan yang dilaksanakan serentak di seluruh jajarannya bertujuan untuk memberikan pengalaman yang positif serta tambahan manfaat secara langsung diluar manfaat program kepada para peserta.

“Sesuai tema yang diusung “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen akan terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan dan kepada seluruh peserta, mulai dari pembaruan Ruang Layanan, pengembangan fitur-fitur di aplikasi JMO dan penambahan kanal mitra guna mewujudkan customer experience yang terbaik bagi peserta”, ungkap Eko

Untuk pembayaran klaim, Eko menjelaskan sepanjang tahun 2023 total pembayaran klaim yang telah dibayarkan mencapai Rp2,6 Triliun dengan jumlah kasus sebanyak 234.987. Dimana jumlah tersebut merupakan rekapitulasi dari 29 unit kerja  Kantor Wilayah Sumbarriau yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Adapun rincian pembayaran klaim tersebut terdiri dari pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dengan klaim terbanyak yaitu 181.669 kasus dengan total pembayaran klaim sebanyak Rp2,2 triliun. Selanjutnya program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 38.800 kasus dengan nominal pembayaran klaim sebanyak Rp239 miliar, Program Jaminan kematian (JKM) sebanyak 4.794 kasus dengan nominal pembayaran klaim mencapai Rp109 miliar.

"Untuk Program Jaminan Pensiun (JP) sebanyak 4.453 kasus dengan pembayaran klaim sebesar Rp46,9 miliar dan terakhir Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dengan 5.271 kasus dengan total pembayaran klaim sebanyak Rp7,3 miliar," terang Eko.

Sementara itu, Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan menyampaikan tema Harpelnas tahun ini adalah "Kemudahan Layanan, Prioritas Kami", yang mencerminkan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kemudahan dalam akses layanan kepada para pesertanya.

"Salah satu kemudahan layanan kami adalah proses pendaftaran peserta. Untuk mempermudah peserta dalam mendaftar sebagai anggota, kemudian peserta mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan mendaftarkan perusahaan baru, dapat dilakukan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)," terang Iman.

Iman menyebutkan, bagi peserta yang memiliki saldo JHT di bawah Rp10 juta, kini tidak perlu datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Para peserta dapat mengajukan klaimnya melalui aplikasi JMO. Sehingga prosesnya semakin praktis dan efisien.

"Untuk pembayaran iuran juga semakin mudah dengan berbagai pilihan, termasuk melalui aplikasi uang elektronik. Peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat membayar iuran dimana saja sesuai dengan kebutuhan mereka," jelasnya.

Selain fokus pada kemudahan layanan, lanjut Iman, BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota juga mengutamakan pelayanan yang baik kepada para peserta. Mereka selalu berupaya memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada peserta, serta menerima masukan dari peserta jika ada kekurangan dalam pelayanan yang diberikan.

"Pentingnya layanan yang mudah diakses juga tercermin dalam jangkauan BPJS Ketenagakerjaan yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Peserta tidak hanya dapat mengajukan klaim di Kantor BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota tetapi juga dapat melakukannya di berbagai daerah lainnya," kata Iman.

Pada kesempatan tersebut, Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK, Subchan Gatot dan Kacab BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan juga turun langsung melayani para peserta yang membutuhkan informasi terkait kepesertaan dan telah datang langsung ke Kantor Cabang Pekanbaru Kota di momen Harpelnas 2023.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar