Kepala DP2KBP3A Inhil Harap FAI Jadi Wadah Pemenuhan Kebutuhan dan Perlindungan atas Hak-hak Anak

Foto bersama tim DP2KBP3A Inhil, sumber foto; Safar.

SIBERONE.COM - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sirajuddin berharap Forum Anak Indonesia (FAI) Inhil, menjadi wadah untuk proses pengambilan kebijakan dan kepentingan pemenuhan kebutuhan dan perlindungan atas hak-hak anak khususnya di Inhil.

Hal tersebut disampaikan Mantan Camat Pelangiran itu usai melakukan silaturhmi ke kediaman Dinas Bupati Inhil, HM Wardan bersama Forum Anak dan Duta Gendre Inhil.

"Jadilah pelopor denga ikut serta dalam proses kemajuan dan pembangunan dilingkungannya, dan sekaligus jadi pelapor jika terdapat hal hal yang mengabaikan dan merampas hak-hak anak dimanapun dan kapanpun," harap Sirajuddin.

Forum anak sendiri adalah wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut. 

Forum Anak sebagai wadah pengembangan perencanaan dan pembangunan, wadah penyampaian pendapat, tempat berkumpul dan berinteraksi, mengembangkan kemampuan diluar kebutuhan sekolah, sekaligus menjadi penghubung yang dekat dengan pemerintah.

Forum anak dapat dikategorikan sebagai pelopor dan pelapor. Anak sebagai pelopor maka anak mampu mengajak dan membantu lingkungan sekitarnya ke arah perubahan yang lebih berkemajuan, sedangkan anak sebagai pelapor maka para remaja aktif menyampaikan pendapat/pandangan Ketika mengalami, melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak dan perlindungan anak.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar