Cegah Stunting, Kepala DP2KBP3A Inhil Berikan Imbauan untuk Kesehatan Bumil

Kepala DP2KBP3A Inhil Sirajuddin.

SIBERONE.COM - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Inhil Sirajuddin memberikan imbauan demi menjaga kesehatan ibu hamil (Bumil) dan mencegah serta menurunkan angka stunting.

Sirajuddin mengatakan, pentingnya ibu hamil menjaga kesehatannya dan kandungan, salah satunya adalah dengan tidak terbebani dan merasa bahagia agar tidak stres.

Maka pentingnya menjaga kebahagiaan ibu hamil, agar bisa sehat ibunya juga calon bayinya.

“Memang sehat itu penting, namun apabila stres dan tidak bahagia, maka bagaimana bisa sehat, untuk itu kebahagiaan harus diutamakan, jika telah bahagia maka sehat itu ada,” tuturnya.

“Kepada ibu hamil, lakukanlah pemeriksaan kehamilan rutin, minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh dokter, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan,” imbaunya.

Ia menambahkan, pastikan mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan, sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan, serta melakukan persalinan di fasilitas layanan kesehatan.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang anak balita, diakibatkan karena kekurangan gizi, mulai dari seribu hari pertama kehidupan yang ditandai dengan tumbuh badan tidak sesuai dengan usianya.

TP-PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui kader-kader posyandu telah melakukan berbagai hal untuk mencegah ataupun menurunkan angka stunting.

Mulai dari sosialisasi pencegahan stunting , serta inovasi-inovasi yang telah dan terus dilakukan.

Hal ini sebagai langkah ikhtiar mencegah maupun menurunkan angka stunting di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Sehat itu dimulai dari diri kita, kalau diri kita sehat maka keluarga juga sehat, lingkungan sehat, maka kehidupan kita terasa nyamanan,” pungkasnya.

“Ayo, mulai sehat dari diri kita, dan mulai saat ini juga,” tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar