Cegah Kangker Serviks, Dinkes Inhil Maksimalkan Pemberian Vaksin HPV Gratis Program Pemerintah

Pemberian Vaksin HPV kepada Siswi SDN 023 Tembilahan beberapa waktu lalu (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) saat ini semakin gencar melakukan pencegahan kasus kangker leher rahim (Kangker Serviks) terkhusus bagi kalangan pelajar yang memasuki usia remaja sesuai dengan  program pemerintah.

Selain berpola hidup sehat dan bersih, Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM MKL melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Inhil, Devi Natalia SKM MH mengungkapkan pencegahan juga bisa melalui vaksinasi Human Papillomavirus (HPV).  

Dia mengatakan vaksinasi HPV sangat efektif untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti kanker serviks yang banyak menyerang wanita. Dan untuk mencegah kanker serviks, vaksin HPV penting diberikan anak usia sekitar 11 tahun. Pemberian vaksin ini sangat penting untuk mencegah kanker serviks dikemudian hari.

"Sasaran vaksin HPV ini anak perempuan kelas 5  SD (Sekolah Dasar) sederajat yang diberikan di SD masing-masing, dan pemberian vaksin pada anak yang tidak bersekolah yang berusia sekitar 11 tahun kami lakukan dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Inhil," ucap Devi.

Dikatakannya, untuk vaksin dosis pertama diberikan di tahun ini, dan untuk dosis kedua akan diberikan di tahun berikutnya.

Dia menjelaskan siswi kelas 5 mendapatkan vaksin HPV tersebut secara gratis dari pemerintah. Vaksin HPV diutamakan untuk perempuan dan sasaran utamanya pada anak sekolah dasar.

"Setelah pemberian vaksin akan tetap kita pantau melalui kawan-kawan Puskesmas yang berkoordinasi Dengan guru sekolah," pungkasnya.

Untuk diketahui, Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papillomavirus (HPV) virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, termasuk kutil kelamin.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar