Melalui Dana Pokir Anggota Komisi V DPRD Riau

BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota Serahkan 10.500 Kartu Kepesertaan kepada Pekerja Rentan

Penyerahan secara simbolis kartu peserta BPJAMSOSTEK kepada 10.500 pekerja rentan (sumber foto: BPJAMSOSTEK)

SIBERONE.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Pekanbaru Kota menyerahkan kartu peserta kepada para pekerja rentan melalui dana Pokok Pikiran (Pokir) anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau, Kamis (6/7/2023) di ruang Komisi V DPRD Provinsi Riau.

Penyerahan kartu peserta BPJAMSOSTEK kepada 10.500 pekerja rentan dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala Cabang (Kacab) BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan. Penyerahan kartu peserta itu juga dihadiri Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung SH, Wakil Ketua Komisi V DPRD  Riau, Dr Hj Karmila Sari SKOm MM, Sekretaris Komisi V DPRD Riau, H Syamsurizal S ST MT dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi.

Kacab BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan menyebutkan, BPJAMSOSTEK Cabang Pekanbaru Kota bersama Komisi V DPRD Riau memberikan perlindungan kepada 10.500 pekerja rentan, seperti petugas keamanan, petugas kebersihan dan pekerja lainya untuk mendapatkan perlindungan program BPJAMSOSTEK dengan iuran terendah, yakni Rp16.800.

"Kehadiran BPJAMSOSTEK di tengah masyarakat tentunya memberikan perlindungan terhadap risiko sosial yang sangat mungkin terjadi kapan pun kepada siapa pun. Karena fungsi BPJAMSOSTEK adalah melindungi setiap pekerja yang timbul akibat risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun," ujar Iman.

Iman menegaskan, pihaknya selaku penyelenggara jaminan sosial memang sudah berkomitmen untuk memenuhi hak bagi peserta.

"Kami juga turut membantu pemerintah daerah untuk ikut mensukseskan program jaminan sosial tenaga kerja. Karena ini merupakan program nasional pemerintah untuk melindungi para pekerja baik disektor formal dan informal," terangnya.

Kadisnakertrans Riau, Imron Rosyadi menyampaikan apresiasi kepada BPJAMSOSTEK Cabang Pekanbaru Kota yang telah berupaya untuk terus mensosialisasikan program perlindungan sosial ke masyarakat.

"Kami juga akan selalu mensosialisasikan program pemerintah ini ke seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menjadi peserta BPJAMSOSTEK. Terutama kepada para pekerja yang bergerak di sektor informal seperti pedagang, tukang ojek, asisten rumah tangga dan lainnya dengan iuran sangat terjangkau yang dimulai dari iuran Rp 16.800," terang Imron.

"Dengan iuran yang terjangkau mereka akan mendapat manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bisa dirasakan ke seluruh masyarakat untuk kesejahteraan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung SH menjelaskan, dengan adanya Kartu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, pihaknya inging memberikan jaminan perlindungan kecelakaan kerja kepada para tenaga kerja.

“Ini artinya bahwa pemerintah selalu memikirkan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Minimal ada kepedulian pemerintah terhadap keluarga yang ditinggalkan supaya betul–betul mereka terbantu. Bukan kami mengharapkan itu terjadi tetapi ini merupakan kesiagaan pemerintah daerah untuk penanganan itu wujud kepedulian kami. Dengan terdaftarnya para pekerja rentan, pekerja tidak perlu cemas lagi saat bekerja. Pasalnya, mereka telah terdaftar dan terlindungan sebagai peserta BPJAMSOSTEK,” sebut Robin.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar