Sinergi Disparporabud Inhil dan KPBI Taja Even Gebyar Pameran Bonsai

Salah satu pohon bonsai yang dipamerkan pada gebyar bonsai sempana Milad Inhil ke-58, Jumat (16/6/23). (sumber foto: Siberone.com/Muhammad Yusuf)

SIBERONE.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersinergi dengan Komunitas Pecinta Bonsai Indonesia (KPBI) Kabupaten Inhil menggelar event gebyar pameran bonsai, di Lapangan Gajah Tembilahan.

Pameran Gebyar Bonsai ini dilangsungkan dalam rangka peringatan Milad Kabupaten Indragiri Hilir ke-58 pada 14 Juni 2023.

Ketua Pecinta Bonsai Indonesia (KPBI) Kabupaten Inhil, Zaini menjelaskan, bahwa dari 400 pohon bonsai yang di pamerkan terdiri dari dua kelas, yakni kelas jadi dan kelas prospek.

"Bedanya kelas jadi dan kelas prospek ini adalah kelas prospek masih jauh perjalanannya menuju sempurna, sedangkan kelas jadi sudah sempurna kesempurnaannya mencapai 90%," katanya saat diwawancarai wartawan, Jum'at (16/6/23).

Sedangkan untuk jenis bonsai yang dipamerkan ada banyak jenis, salah satunya anting Putri, wacang, Yanti, asam jawa, beringin, gulmus, bunga jarum, cimeng dan banyak spesies lain-lainnya.

Sementara itu, Kadisparbud Inhil, Qudri Ramaputera menyebut bahwa Kabupaten Inhil selain dijuluki sebagai hamparan kelapa dunia, Inhil juga memiliki resources (sumberdaya alam dasar, cikal bakal bonsai, contohnya anting Putri.

"Jadi ini perlu dimanfaatkan untuk kita semua kelestariannya bagaimana nanti terhadap komunitas ini juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat budidayanya juga dikembangkan, nah jadi itu perlu di ditingkatkan perlu kita sampaikan kepada masyarakat juga bahwa Inhil selain hamparan kelapa dunia juga punya resources terhadap cikal bakal yang akan bisa dibikin untuk bonsai," Kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan, Qudri Ramaputera.

Dalam pameran bonsai ini turut dimeriahkan oleh 400 peserta dari berbagai kalangan se-Provinsi Riau, mulai dari Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Sorek, Pelelawan, Pekanbaru, dan sekitarnya, serta dihadiri juga oleh provinsi tetangga yakni Kepulauan Riau (Kepri).


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar