Berbentuk Unik, Ini Gula Merah Sari Nira Khas Inhil

Gula merah Sari Nira dalam kemasan (sumber foto: BC Tembilahan)

SIBERINE.COM - Gula menjadi kebutuhan penting bagi pelaku usaha dan rumah tangga. Selain sebagai pemanis makanan atau pun minuman gula merah juga berfungsi merubah warna pada makanan.

Salah seorang perajin Gula Kelapa tradisional di Inhil adalah Burhanuddin, ia mengaku, dalam satu hari mampu memproduksi 45 kilogram gula kelapa. Ia mengklaim, gula kelapa miliknya tanpa pengawet kimia dan campuran gula putih.

"Bagi kami kualitas adalah kebanggan. Sedangkan produksinya bisa sampai 45 Kilogram sehari yang dikerjakan oleh tiga orang," ucapnya.

Ia menjelaskan gula kelapa cetak tanpa pengawet yang didapat dari Panjang Panjang Tembilahan dan dari Batang Tumu Mandah ini belum bisa diproduksi secara banyak mengingat keterbatasan bahan dan tenaga.

"Untuk produk gula merah ini kami tidak dapat memproduksi terlalu banyak. Oleh sebab itu, kami mohon bimbingan dan arahan agar dapat menambah kualitas dan kuantitas produksi kita sehingga kita dapat memenuhi permintaan pasar baik dalam maupun luar negeri," pungkasnya.

Gula kelapa Burhanuddin dijual Rp 22.000 untuk satu paket berisi 24 pcs gula kelapa.

Gula kelapa yang dijual Burhanuddin terdiri dari berbagai bentuk dan terlihat cukup unik.

Dicetak kecil berbentuk dadu, Gula tersebut sangat cocok untuk campuran kopi dan sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat.

bagi masyarakat yang berkunjung ke Inhil, bisa membeli gula kelapa milik Burhanuddin sebagai oleh-oleh karena selain praktis kemasannya sangat cocok untuk oleh-oleh.

Gula merah ini juga sudah menjelajahi pasar ekspor, dan baru-baru ini Gula merah sarinira diekspor ke Malaysia.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar