Sosialisasi Program Jaminan Sosial, BPJMSOSTEK Pekanbaru Kota Sasar Pelaku Usaha

Kacab BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan memaparkan program BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku usaha.(foto siberone)

SIBERONE.COM - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Pekanbaru Kota bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi Program Jaminan Sosial bagi pelaku usaha pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kemudahan Berusaha, Rabu (24/5/2023) di Hotel Jatra Pekanbaru.

Dalam sosialisasi itu dipaparkan sejumlah program-program BPJS Ketenagakerjaan. Dimana program ini sangat penting, karena menyangkut perlindungan terhadap tenaga kerja atas kegiatan usaha yang dijalankan tentu memiliki resiko terutama kecelakaan kerja dan kematian.

Kepala Cabang (Kacab) BPJAMSOSTEK Pekanbaru Kota, Iman Santoso Achwan menjelaskan bahwa manfaat program BPJS Ketenagakerjaan usaha mikro yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.  

"Melalui BPJamsostek, negara hadir memberi kepastian jaminan kepada pekerja dan masyarakat pekerja di seluruh Indonesia dalam hal apabila terjadi resiko sosial. Setelah kami sampaikan manfaat program dan kemudahan mendaftar menjadi peserta, harapannya para peserta sosialisasi dapat segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJamsostek," ujar Iman.

Iman menuturkan, dengan terlindungi BPJamsostek, maka pelaku UMKM bisa tenang dalam melakukan sebuah kegiatan atau aktivitas. Karena sudah telindungi dari resiko-resiko sosial.

"Kami juga mendoakan mudah-mudahan para pelaku UMKM disini menjadi UMKM yang unggul dan tangguh serta bisa menjadi kebanggaan Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Dijelaskan Iman, alasannya menyasar pedagang UMKM dalam kegiatan sosialisasi, karena sesuai dengan slogan BPJamsostek KERJA KERAS BEBAS CEMAS. Dimana pelaku UMKM atau pekerja sektor informal ini masih sedikit yang memiliki perlindungan Jamsostek.

“Perluasan sektor informal akan menjadi fokus kami saat ini. Kami sangat peduli dengan pelaku UMKM yang masih dibayang-bayangi oleh risiko pekerjaan. Kami juga berharap dengan sosialisasi ini, mereka mengerti hak-hak mereka, karena manfaatnya yang sangat besar dengan nilai iuran yang sangat terjangkau,” terang Iman.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar