Dinkes Inhil Gelar Workshop Instrumen Puskesmas Jelang Penilaian Re-Akreditasi

Pelaksanaan Workshop Instrumen Akreditasi Puskesmas di aula Hotel Top 5 Tembilahan, Rabu 10 Mei 2023. (sumber foto: Soberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Workshop Instrumen Akreditasi Puskesmas di aula Hotel Top 5 Tembilahan, Rabu 10 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Rahmi Indrasuri SKM MKI ini diikuti sebanyak 150 peserta, terdiri dari Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha, Penanggung Jawab UKM, Penanggung Jawab UKP dan Penanggung Jawab Mutu yang berasal dari 30 Puskesmas se-Kabupaten Inhil.

Ketua Panitia Pelaksana Mursidah SKM dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan Puskesmas menghadapi penilaian re-akreditasi yang mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.

"Melalui kegiatan ini, Puskesmas dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang dokumen-dokumen penilaian re-akreditasi, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan yang sesuai standar," ujar Sub Koordinator Mutu dan Akreditasi Diskes Inhil ini.

Sementara itu, Kadiskes Rahmi Indrasuri SKM MKI dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen resiko dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

"Diharapkan melalui instrumen akreditasi Puskesmas, maka implementasi pemenuhan standar akreditasi akan lebih mudah," ujarnya.

Kemudian, dengan instrumen akreditasi ini, lanjut Kadiskes, Puskesmas akan meningkatkan pemahaman bagi pihak yang terkait dalam penyelenggaraan akreditasi Puskesmas, serta memudahkan Puskesmas dalam memenuhi standar pelayanan mencapai tingkat kelulusan tertinggi (paripurna).

"Saya mengimbau agar para peserta dapat bekerja lebih baik lagi, dengan meningkatkan wawasan, keterampilan dan berinovasi khususnya pada peningkatan mutu Puskesmas," imbuhnya.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar