Tingkatkan Gizi Masyarakat, Ketua TP PKK Inhil: Manfaatkan Pangan Lokal

Ketua TP PKK Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan saat menyampaikan materi pada pertemuan Lintas Sektor/Program terkait peningkatan layanan gizi masyarakat, Rabu (3/5/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Peningkatan kesehatan melalui pemberian makanan sehat dan gizi seimbang harus tetap menjadi prioritas bagi masyakarat agar kesehatan dan imunitas anak tetap terjaga. Masyarakat bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan menyediakan bahan pangan lokal dari alam Indonesia yang memiliki kualitas baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Hj. Zulaikhah Wardan menjadi Narasumber pada pertemuan lintas sektor/ lintas program terkait peningkatan pelayanan gizi masyarakat di Kabupaten Inhil yang ditaja Dinas Kesehatan dan berlangsung di Aula Hotel Inhil Pratama (IP) Tembilahan, Rabu (03/05/2023).

Ia menyebut bahwa pemenuhan kebutuhan gizi sangat penting dalam kesehatan terlebih lagi gizi pada anak yang merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi proses tumbuh kembang anak. Status gizi seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya tingkat kecukupan zat gizi dan ketahanan pangan.

Dengan demikian dia menyebut di Kabupaten Indragiri Hilir dengan geografis yang berada di perairan sangat mudah untuk mendapatkan pakan dari hasil laut yang tentunya banyak mengandung gizi.

"Saat ini banyak orang yang lupa bahwa untuk hidup sehat dengan memakan makanan bergizi tak harus mahal sebab pangan yang sehat adalah pangan yang semakin dekat dengan bentuk aslinya di alam. memberikan makanan yang sehat dan bergizi dengan menggunakan bahan alami yang didapat dari alam bisa juga dengan memanfaatkan pangan lokal," ucap Hj. Zulaikhah Wardan.

Ia mengatakan banyak tanaman dari alam Indragiri Hilir yang bisa dijadikan makanan dengan gizi yang tinggi diantaranya seperti Sempolet Sagu dengan sayur dan udang atau kerang yang dengan mudah di dapat di Kabupaten Inhil.

"Selain itu, Burasak makanan yang terbuat dari beras dan santan, Soto yang terdiri dari lontong dan ayam yang setiap hari nya bisa di dapat di pasar, ada lagi yang namanya barobok yang bahan pokoknya dari jagung ditambah dengan sayur-sayuran, lempeng sagu, perkedel kentang, barongko pisang, gangan bakaroh dan masih banyak lagi makanan yang terbuat dari bagan-bahan lokal yang mudah didapat," pungkasnya. 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar