Wijayanti: Ramadan, Momentum Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

SMPN 10 Pekanbaru Maksimalkan Amaliyah Ramadan Siswa

Siswa SMPN 10 Pekanbaru melaksanakan tadarus Alquran, satu dari beberapa giat keagamaan selama Ramadan.(foto siberone)

SIBERONE.COM - Memaknai Ramadan dengan kegiatan keagamaan merupakan bentuk perbuatan baik dan terpuji. Selain meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan (Imtaq) kepada Allah SWT, juga memberikan nilai positif dan terpuji terhadap pribadi generasi muslim.

Dalam memaknai edisi Ramadan 1444 H, SMPN 10 Pekanbaru mengisinya dengan berbagai kegiatan keagamaan yang mendidik dan membina pribadi generasi muda harapan bangsa itu menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

"Kegiatan keagamaan ini dilaksanakan setiap hari di sekolah. Dimulai pukul 11.00 WIB usai proses belajar. Pelaksanaannya dipusatkan di musala sekolah dan di ruang kelas belajar," ujar Kepala SMPN 10 Pekanbaru, Hj Wiyanti Sri Utari SPd MSi.

Dijabarkan Wijayanti, ada beragam praktek keagamaan yang diberikan kepada siswa. Mulai dari tadarrus Alquran, penyelenggaraan Salat Jenazah, tausiyah agama, bersedekah hingga ditutup dengan pelaksanaan Salat Zuhur berjamaah.

"Sasaran utama kegiatan amaliyah Ramadan ini dilakukan agar para siswa semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, juga sebagai upaya sekolah membentuk karakter dan perubahan sikap anak didik ke arah yang positif," paparnya.

Kegiatan amaliyah Ramadan ini, lanjut Wiyanti, juga untuk mendidik mental siswa agar menjalan ibadah puasa dengan baik dan benar dan juga berdisiplin yang tinggi sembari melatih diri agar siswa dapat memanfaatkan waktu selama di bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang positif.

Wiyanti menyebutkan, bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh hikmah dan penuh pengampunan. Karenanya, momentum itu harusbetul-betul dimanfaatkan guna meningkatkan Imtaq para siswa kepada Allah SWTmelalui praktek ibadah.

"Jadi, selama bulan suci Ramadan, selain fokus pada proses pembelajaran, sekolah juga fokus menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada para siswa. Tak hanya di sekolah, kami juga mengimbau orang tua untuk mengawasi dan mengontrol pelaksanaan ibadah salat maupun tadarus Alquran anak selama di rumah," terang Wijayanti.

"Selain untuk meningkatkan pengetahuan agama para siswa, kegiatan amaliyah Ramadan ini diharapkan dapat mengajarkan kedisiplinan siswa terutama dalam membentuk moral, akhlak, serta memperbaiki ibadah siswa," bebernya.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar