Puskesmas Sungai Iliran Perkenalkan Inovasi UKK Kelompok 'Rumbia Jaya'

Foto bersama setelah penyerahan kartu anggota Upaya Kesehatan Kerja Puskesmas Sungai Iliran, (sumber foto: Dok. Puskesmas Sungai Ilirian)

SIBERONE.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sungai Iliran, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memperkenalkan Inovasi Upaya Kesehatan Kerja (UKK) bagi buruh di wilayah kerja Puskesmas Iliran.

Kepala Puskesmas Sungai Iliran, Salmariantity, S,Km.M,Km mengungkapkan dasar pihaknya melakukan inovasi UKK tersebut disebabkan wilayah kerjanya yang dominan masyarakatnya merupakan buruh pekerja di Pabrik Sagu/Produksi Sagu mentah.

"Demi mensukseskan Inovasi kami ini, Puskesmas melaksanakan pembinaan dengan melakukan kegiatan 'Jemput Bola' dengan memantau langsung ke tempat pekerja pabrik sagu," ungkapnya.

Salmariantity yang Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Inhil itu, menjelaskan Inovasi Upaya Kesehatan Kerja kelompok 'Rumbia Jaya' ini memiliki peserta sebanyak 30 orang Pekerja Pabrik.

Selanjutnya, Salmariantity yang akrab disapa Titi ini menjelaskan Inovasi UKK kelompok 'Rumbia Jaya' yang dimulai sejak tahun 2018 ini demi menjaga kesehatan pekerja, Tim Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan pekerja persatu bulan sekali, melakukan edukasi dan pengawasan kesehatan lingkungan.

"Kegiatan ini kami tujukan untuk menjamin pekerja yang sehat dan terkontrol, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan pabrik sehingga menghasilkan hasil produksi yang higenis," ucapnya.

 

Nia Nismaini

"Kemudian juga kami melakukan pemeriksaan lingkungan, mengimbau pekerja terkait kesadaran, kewaspadaan dini tentang kesehatan dan menjamin seluruh pekerja pabrik sagu memiliki kepesertaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar