Puskesmas Pengalihan Enok Gelar Penjaringan Berkala Deteksi Dini Kesehatan Siswa

Foto bersama setelah pelaksanaan Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala kepada anak sekolah. (sumber foto: Dok. Puskesmas Pengalihan Enok)

SIBERONE.COM - Puskesmas pengalihan enok menggelar Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala kepada anak sekolah.


Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Kepala Puskesmas Pengalihan Enok, Baihaqi,SKM,M.Kes mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada seluruh sekolah dasar/MI di Wilayah kerja puskesmasnya.

"Kegiatan ini dilakukan pada 23 SD/MI. Selama Bulan Maret.  Merupakan kegiatan rutin setiap tahun kepada siswa/i ditingkat sekolah dasar," ungkapnya, Sabtu (18/3/23).

Jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Pengalihan Enok diantaranya pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, skrining mata, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, pemeriksaan kulit dan pengukuran tekanan darah.

Menurutnya tujuan dilaksanakannya penjaringan kesehatan ini, untuk mendeteksi dini kesehatan siswa. Hasil dari kegiatan penjaringan tersebut diserahkan kembali ke sekolah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Bagi siswa yang sekiranya perlu tindakan medis, diberikan rujukan agar dapat memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.

"Melalui kegiatan ini harapan kami dapat mendeteksi masalah kesehatan siswa  agar mendapatkan penanganan sedini mungkin," tambahnya.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar