Tingkatkan Informasi Kesehatan, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pemutakhiran dan Analisa Data

Sekretaris Dinas Kesehatan Inhil, Wanhar saat menyampaikan sambutannya, Kamis (16/3/23). (sumber foto: Safar)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menggelar kegiatan Pertemuan Pemuktahiran dan Analisa Data Profil demi Meningkatkan Ketersediaan Data dan Informasi Kesehatan di Kabupaten Inhil, Kamis (16/03/2023).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Hotel Arista Tembilahan ini diikuti oleh Kepala Pembantu Puskesmas dan Pengolah Data Profil Puskesmas se-Kabupaten Inhil.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Inhil Rahmi Indrasuri yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Inhil, Wanhar menyebut bahwa ketersediaan data dan informasi yang lengkap sangat memegang peranan penting didalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan.

“Data, Informasi yang lengkap dan benar serta tepat waktu adalah sumber daya atau kekuatan yang sangat strategis bagi pimpinan semua organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi Pimpinan bisa membuat keputusan dan juga menyusun rencana untuk mengatasi suatu masalah yang ditemukan,” ucap Wanhar.

Kemudian ia mengatakan kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi Kesehatan yang dikemas dalam profil Kesehatan.

“Melalui pertemuan yang dihadiri Kasubag Tata Usaha dan Petugas Pengolah data profil puskesmas kita minta untuk peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan bisa dijadikan pedoman dalam penyusunan profil kesehatan tingkat puskesmas,” ujar Wanhar.

Terakhir, Kepala Dinas Kesehatan Rahmi Indrasuri melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Wanhar berharap kepada pengelola program dinas kesehatan selalu melaporkan profil kesehatan Inhil setia awal tahun.

“Saya harap pengelola program Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil untuk selalu melaporkan terkait data profil Kesehatan setiap awal tahun kepada bagian Perencanaan agar data tersebut dapat secepatnya diolah untuk menjadi Profil kesehatan Kabupaten,” pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar