Dinkes Inhil dan Lapas Tembilahan Lakukan Skrining Tuberculosis kepada WBP

Dinkes Inhil melakukan pemeriksaan Tuberculosis kepada WBP Lapas Tembilahan, Selasa (14/3/23). (sumber foto: Fikri)

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) berkerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas  IIA Tembilahan menggelar kegiatan Skrining Tuberculosis (TB) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Tembilahan, Selasa (14/03/2023).

Kegiatan ini adalah kerjasama antara lapas IIA tembilahan dengan Dinas kesehatan Puskemas gajah Mada dan Yayasan puri harapan Indragiri (YPHI) dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2023.

Kepala Dinkes inhil, Rahmi Indrasuri, S. Kl, M. Kl,.menyampaikan, kegiatan ini tentunya sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan orang disekitar karena masalah yang sangat pelik yang harus dihadapi bersama. Karena sifat penularan TB sangat simpel yakni cukup dengan berpaparan dengan penderita sehingga harus dilakukan upaya preventif agar penderita TB tidak menyebar di dalam Lapas. 

“Kami sering mengadakan kegiatan skrining TB  ini, karena kami sadar bahwa lapas adalah tempat yang sangat rentan tersebarnya Virus Tuberculosis,” ujar Rahmi Indrasuri.

"Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang dilakukan dengan cara sosialisasi dan screening telah rutin dilakukan lapas upaya untuk memaksimalkannya dilakukan dengan menggandeng stakeholder terkait," Tuturnya Kadis Dinkes inhil Rahmi Indrasuri.

Sementara Kalapas  IIA Tembilahan, Hari Winarca, mengatakan, terimakasih Dinas Kesehatan dan WBP yang mengikuti Tuberkulosis (TBC) sampai dengan saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia walaupun upaya penanggulangan TB telah dilaksanakan di banyak Negara sejak tahun 1995.

“Pengendalian TBC merupakan salah satu program prioritas nasional dalam bidang kesehatan sebagai prioritas pembangunan nasional, bekerja sama dengan stakeholder untuk memberikan pelayanan kesehatan menjadi opsi kami untuk mengoptimalkannya," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar