Gelar Penyuluhan dan Bimbingan Bagi Pencari Kerja

Disnaker Pekanbaru Sambangi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru mengikuti penyuluhan dan bimbingan dari Disnaker Pekanbaru.(foto siberone)

SIBERONE.COM - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Bagi Pencari Kerja (Pencaker) pada program penempatan tenaga kerja siswa SMK di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Jumat (3/3/2023).

Penyuluhan yang diikuti 50 siswa perwakilan kelas XII itu menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Penta Disnaker Pekanbaru, Abdul Rahim dan Kasi TKA Disnaker Pekanbarum Iskandar sebagai pemateri.

Kabid Bina Penta Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim menjelaskan, penyuluhan dan bimbingan itu dilaksanakan untuk memberikan materi dan pembekalan bagi pencari kerja baik regulasi, peraturan hingga perkembangan dunia kerja.

 “Supaya bisa menyentuh (tersampaikan) semua yang lulus kelas XII. Kami coba memberikan materi dan pembekalan bagi pencari kerja, baik itu regulasi, peraturan-peraturan yang sedang berlaku ataupun trend dunia kerja yang terjadi pada saat ini. Karena kita berada di industri 4.0 dimana soft skill sangat dibutuhkan tidak hanya hard skill,” ujar
Abdul.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Paiman Sanen SAg MPdI mengapresiasi penyuluhan dan bimbingan yang diberikan Disnaker kepada para siswa yang notabene calon pencari kerja selepas menyelesaikan pendidikan. Apalagi, visi SMK memang mempersiapkan lulusan yang siap bekerja.

"Para siswa yang telah lulus SMK, sudah bisa dipastikan menjadi calon pencaker. Sehingga guru bisa mengarahkan dia lanjut kuliah atau bisa langsung bekerja karena faktor ekonomi yang mengharuskan ia harus mencari pekerjaan," terang Paiman.

Diakui Paiman, penyuluhan dan bimbingan seputar dunia kerja bagi siswa SMK sangat bagus. Karena melalui berbagai penyuluhan mampu memberikan pengetahuan kepada para siswa, terutama mereka yang ingin bekerja.

"Apalagi materi diberikan soft skill ketika wawancara, lamaran kerja yang bagus dan peluang kerja dari Disnaker. Ini sesuai dengan motto kami, BMW (Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha). Nah penyuluhan ini merupakan salah satu program bagi anak-anak yang ingin bekerja," tukas Paiman.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar