305 Peserta Ikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Hadist ke X tahun 2023 Kabupaten Lingga

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang membuka secara resmi perhelatan STQH Kabupaten Lingga (sumber foto: Humas Pemkab Lingga)

SIBERONE.COM - Sebanyak 305 peserta dari 13 Kecamatan ikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Hadist (STQH) ke X tahun 2023 Kabupaten Lingga. Para peserta ini nantinya akan mengikuti perlombaan pada cabang yang diperlombakan antara lain Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Tartil, Hifzil 1 juz, 5 juz dan 10 juz, Hadits 100, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khathill Qur’an, dan cabang Karya Tulis ilmiah.

Melaksanakan STQH yang sudah dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan Kabupaten. Hingga nanti insya Allah tanggal 7 Mei 2023 kita akan menggelar STQH tingkat Provinsi yang menurut gilirannya akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun,” kata Ansar Ahmad dalam sambutannya di Astaka Utama STQH ke X Kabupaten Lingga, Daik, Minggu (5/03/2023).

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang membuka secara resmi perhelatan ini, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Lingga beserta jajaran Pemkab Lingga, Pengurus LPTQ dan seluruh masyarakat Lingga yang menggelar pembukaan STQH ke-X Kabupaten Lingga ini dengan luar biasa.

Umat Islam sangat mencintai, menghormati dan memuliakan Al-Qur’an. Al-Qur’an secara istilah atau terminologi merupakan firman Allah yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang keutamaannya antara lain menjadi syafa’at atau penolong di hari kiamat, orang yang membaca dan mengamalkan Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya manusia, dan Al-Qur’an dapat menjadi pengangkat derajat manusia di mata sang Pencipta,” terangnya.

Untuk itu Gubernur menekankan, agar setiap penyelenggaraan acara seperti STQH ini tidak hanya dijadikan acara seremonial, rutinitas dan tahunan belaka. Akan tetapi harus diresapi bersama bahwa semua umat muslim memiliki tanggung jawab menginternalisasi nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Anggota Komisi IV DPRD Kepri Hanafi Ekra, Bupati Lingga M. Nizar, Ketua DPRD Lingga Ahmad Nasiruddin beserta segenap anggota DPRD Lingga,  Forkopimda Kabupaten Lingga, Sekdakab Lingga, Para Ketua OPD Pemprov Kepri dan Kabupaten Lingga. (Iswandi)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar