Swadaya Masyarakat Kelurahan Penggaron Kidul Sewa Eksavator Tinggikan Tanggul Sungai Kali Babon

Alat berat eksavator yang didatangkan masyarakat Kelurahan Pengaron Kidul, Jumat (3/3/23). (sumber foto: Siberone.com/Agus Romadhon)

SIBERONE.COM - Masyarakat Kelurahan Penggaron Kidul, Kecamatan Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah bergotong royong mendatangkan alat berat Excavator (Bego) untuk antisipasi banjir seperti beberapa waktu lalu akibat Loberan sungai kali babon, Jum'at (3/3/2023).

Upaya pencegahan banjir tersebut dilakukan dengan peninggian tanggul sungai kali babon di wilayah sekitaran RT 07 dan RT 04 RW 01 Kelurahan Penggaron Kidul.

Ketua RT 04 RW 01, M. Shokib mengatakan antisipasi loberan sungai kali babon warga antusias swadaya bergotong royong mengumpulkan dana untuk sewa alat berat dan tenaga untuk meninggikan talut tanggul sungai kali babon.

"Dampak pendangkalan sungai kali babon akhirnya banjir memasuki perkampungan berulang ulang dan yang paling besar  pada bulan Februari kemarin, saya berharap ada empati dari pemerintah untuk normalisasi sungai kali babon," kata Shokib.

Sementara itu Lutfi Khakim SH sebagai ketua RT 07 RW 01 mengungkapkan bahwa penanggulangan banjir yang berada di wilayah kelurahan penggaron kidul khususnya di RT 07 ini diharapkan dapat mencegah banjir seperti sebelumnya.

"Saya mohon masyarakat untuk aktif bergotong royong membantu proses peninggian Tanggul sungai kali babon ini," ungkapnya.

Di waktu yang sama, sekretaris RT 07 Mardiyanto menambahkan swadaya masyarakat kali ini tertuju pada peninggian tepi sungai dengan cara meninggikan Tanggul pakai alat berat Excavator dimulai pada hari rabu kemarin dengan dana patungan dari masyarakat yang empati atas dampak Loberan sungai kali babon.

"Semoga dengan peninggian Tanggul ini bisa mengurangi dampak loberan sungai kali babon yang sangat dangkal sungainya, semoga ada empati dari pemerintah untuk membantu normalisasi sungai kali babon karena masih ada 12 titik yang sering dilalui luapan sungai kali babon yang berulang ulang tanpa penyelesaian," pungkas Mardiyanto.

 

 

Wartawan: Agus Romadhon


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar