Puluhan PNS di Keritang Ikuti Sosialisasi Taspen dan Persyaratan Pensiun

Camat Keritang, Muhammad Daud (dua kiri) menghadiri giat sosialisasi Taspen dan persyaratan pensiun di Balai Desa Kotabaru Seberida.(foto siberone.com)

SIBERONE.COM - Sebanyak 80 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kecamatan Keritang mengikuti Sosialisasi Taspen dan Persyaratan Pensiun, Kamis (2/3/2023) di Balai Desa Kotabaru Seberida, Kecamatan Keritang.

Sosialisasi itu turut dihadiri Camat Keritang, Muhammad Daud SPd MM, Kabid PPD PPA BKPSDM Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Asrimarwan, Kabid Layanan PT Taspen, Theofilius Amfotis dan ROP Relationship Officer Pensiun Bank Mandiri Taspen Tembilahan, Stephanus Hermanto.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, bagi para PNS yang memasuki masa pensiun adalah masa yang tidak boleh ditakuti, apapun jabatan kita, kita tentunya akan sampai dimana kita harus rela melepas  sebagian dari regenerasi dan siklus kehidupan ASN/PNS,” ujar Camat Keritang, Muhammad Daud SPd MM.

Daud menjelaskan, masa pensiun bukanlah akhir dari sebuah pengabdian bagi seorang PNS, tetapi merupakan anugerah yang harus disyukuri karena telah melewati masa pengabdian sekian puluh tahun untuk negara dan bangsa. Pensiun adalah saatnya harus kembali pada masyarakat dengan pengabdian dalam bentuk lain dan semangat baru.

"Usia pensiun merupakan satu hal alamiah dan semua PNS pasti mengalami. Sehingga tidak perlu dirisaukan, tetapi sebaliknya harus diterima dan disambut dengan semangat baru," ungkapnya.

Daud mengakui sebagian PNS akan merasakan berbagai hal ketika pensiun, antara lain berkurangnya pendapatan, hilangnya rutinitas pekerjaan dan tidak adanya kewenangan bagi mereka yang memiliki jabatan. Namun, jika hal itu sudah disadari sejak dini, masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan mungkin yang ditunggu-tunggu oleh PNS. Karena lepas dari rutinitas sehari-hari dan dapat meluangkan waktu lebih lama berkumpul dengan keluarga.

Sebagai informasi, Taspen adalah perusahaan BUMN yang mengelola pensiun dan menyalurkan gaji para pensiunan aparatur sipil negara, untuk mempermudah dalam memperlancar proses penyaluran pensiunan. 

PT Taspen bekerja sama dengan PT.l Bank mandiri mendirikan, yang disebut Bank Mantap guna membantu penyaluran hak-hak pensiunan sekaligus memberikan kemudahan para pensiunan untuk usaha dalam peminjaman selama pensiun.(yan)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar