Pemdes Kuala Sebatu Ucap Terimakasih kepada Pemda Inhil atas Pembersihan Sungai Batang Tuaka

Sungai Batang Tuaka usai dibersihkan, sumber foto: sekdes Kuala Sebatu.

SIBERONE.COM - Pemerintah Desa Kuala Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah membantu memfasilitasi jalannya pembersihan sungai Desa Kuala Sebatu.

Ungkapkan rasa terimakasih juga disampaikan oleh Kepala Desa Kuala Sebatu, Ns.Budi Wibowo, S.Kep kepada seluruh elemen yang ikut andil dalam proses pembersihan sungai Desa Kuala Sebatu, diantaranya Porkopincam kecamatan Batang Tuaka, Aliansi Pemuda Desa Kuala Sebatu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Peradi, HMI Cabang Tembilahan, Ikatan Wartawan Online (IWO), Insan Pers, dan seluruh masyarakat yang tergabung di 3 Desa, Kuala Sebatu, Pasir Emas, dan Desa Sialang Panjang.

"Terimakasih banyak kepada Pemda Inhil, instansi terkait, yang ikut berpartisipasi dalam pembersihan sungai di Desa kami," ucap Budi yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Desa Kuala Sebatu Amiruddin, S.Pd.

Sejauh ini, kata Budi, pengerjaan pembersihan sungai di desanya sudah selesai, dan alat berat yang sebelumnya diturunkan oleh Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk membersihkan sungai tersebut telah dipulangkan ke Pekanbaru.

"Pekerjaan sudah selesai, dan saat ini alat juga sudah di pulangkan, sekarang tinggal pemeliharaan sungai agar sungai tidak lagi tersumbat," tukasnya.

Untuk kedepannya, Budi menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeliharaan sungai secara berkala agar sungai tersebut tidak lagi seperti dulu.

"Mulai Januari kemarin kita sudah galakkan kembali budaya gotong royong membersihkan dan merawat sungai-sungai yang telah dibersihkan," tuturnya.

Terakhir, Budi menyebut, bahwa Pemdes Kuala Sebatu akan menjalin kerjasama dengan pihak Perusahaan Setia Agrindo Mandiri (SAGM) untuk perawatan sungai tersebut.

"Kedepannya kita berharap bisa bekerjasama dengan PT SAGM, untuk merawat sungai-sungai kita yang sudah dibersihkan, agar kedepannya lebih baik dari pada saat ini," jelasnya.

Terakhir Pemdes Kuala Sebatu berharap agar Sungai Batang Tuaka bisa segera di normalisasi karena sungai tersebut sudah mengalami pendangkalan, agar banjir di Desa Kuala Sebatu tidak terjadi lagi dengan durasi yang lama.

"Sungai kita sangat perlu dinormalisasi, kita harap kedepannya sungai ini dapat dinormalisasi supaya tidak banjir-banjir lagi seperti beberapa tahun terakhir," pungkasnya.*


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar