Penggunaan Inovasi Nasi Uduk Program Dukcapil Inhil di Desa Bagan Jaya Capai 100%

Kepala Desa Bagan Jaya, Mhd Hafif S.Kom (sumber foto: Mhd Hafif)

SIBERONE.COM - Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan menggunakan Inovasi Nasi Uduk Program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir (Disdukcapil Inhil) di Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok hampir mencapai angka persentase 100%.

Menurut Kepala Desa Bagan Jaya, Mhd. Hafif,S.Kom secara umum penggunaan Inovasi Nasi Uduk di Desa Bagan Jaya hampir mencapai 100% hanya saja ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi.

"Secara umum Inovasi Nasi Uduk ini 100%, cuma yang jadi kendala hanya kadang-kadang lambat respon saja dari operator Capil mungkin karena banyaknya berkas yang masuk ke mereka. Jadi bisa dikatakan 100%," ucap Hafif.

Namun demikian, Hafif menyebut  masyarakat Desanya lebih banyak mengurus dokumen kependudukan sudah di Desa.

"Perbandingan mengurus di Desa dan ke Capil itu 10 banding 1. Kita di sini sehari itu pembuatan dokumen bisa 5, bisa 3 bisa juga tidak ada, bahkan bisa sampai 10 kalau memang pas mereka butuh data kependudukan," jelasnya.

Dia juga menyebut dengan keunggulan yang dimiliki Nasi Uduk Dukcpail Inhil yang bisa dijangkau secara online ini sangat membantu masyarakat Desa Bagan Jaya yang jauh dari kota.

"Selain itu, mengurus dokumen dengan Nasi Uduk ini bisa dilakukan langsung oleh masyarakat atau bisa juga melalui Operator Desa yang sudah ditunjuk dan di SK kan," paparnya.

"Tinggal melengkapi syarat-syarat untuk membuat jenis dokumen apa saja, selanjutnya bisa diupload melalui aplikasi Nasi Uduk, sambil menunggu jawaban dan respon dari Disdukcapil melalui email, In sya Allah berkas bisa selesai," tambah Hafif.(Ema)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar