Peringati Hari Dharma Samudra, Kodim 0715/Kendal Gelar Nobar Wayang Orang

Susana Nobar di Kodim 0715/Kendal, Minggu (15/1/23). (sumber foto: Pendim 0715/Kendal)

SIBERONE.COM - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023, Kodim 0715/Kendal melaksanakan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) Pagelaran Wayang Orang dengan lakon "Pandawa Boyong" di Aula Makodim 0715/Kendal dan di seluruh Koramil jajaran Kodim 0715/Kendal, Minggu (15/1/2023).

Pagelaran Wayang Orang yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) melibatkan Panglima TNI, Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan sebagai pemeran dalam kegiatan Pagelaran Wayang Orang tersebut yang di siarkan secara Live Streaming.

Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, S.Sos hadir mengikuti Nobar bersama Anggota. 

Dandim 0715/Kendal melalui Pasiter Kodim 0715/Kendal, Kapten CHB Bambang Ruseno menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang ke 61 tahun 2023.

"Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang ke 61 tahun 2023, Kami melaksanakan kegiatan Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang dengan lakon "Pandawa Boyong" yang menceritakan tentang sejarah dari peristiwa pada tanggal 15 Januari tahun 1962 atau 61 tahun yang silam," tuturnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Danramil 16/Rowosari Kodim 0715/Kendal, Kapten Inf Cahyono Suyatno mengatakan, Anggota Koramil jajaran Kodim 0715/Kendal melaksanakan kegiatan Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang di Makoramil masing-masing.

"Nobar Wayang Orang juga bisa melestarikan budaya Indonesia, kita harus bangga karena Wayang Orang sudah diakui oleh badan dunia sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia, kita sebagai warga Indonesia mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya ini, salah satunya dengan menggelar pertunjukan Wayang Orang yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi muda," ujar Danramil.

Lebih lanjut, Kapten Inf Cahyono Suyatno menjelaskan bahwa wayang merupakan hiburan rakyat.

"Wayang merupakan hiburan rakyat, hiburan para petani, nelayan dan warga masyarakat lainnya. Banyak nilai-nilai yang disampaikan melalui budaya, khususnya dalam membangun kebersamaan, persatuan dan nasionalisme," pungkasnya.(Ina)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar