Forum Pembauran Kebangsaan Inhil Terima Kunjungan FPK Siak

Suasana silaturahmi dan kunjungan kerja FPK Kabupaten Siak yang bertempat di Pondok Indragiri Tembilahan, Ahad (25/12/22) Malam (sumber foto: Suriyadi)

SIBERONE.COM - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Inhil dan Paguyuban menggelar silaturahmi sekaligus menerima kunjungan kerja FPK Kabupaten Siak yang bertempat di Pondok Indragiri Tembilahan, Ahad (25/12/22) Malam.

Kegiatan Silaturahmi FPK Kabupaten Indragiri Hilir dan  Paguyuban merupakan   agenda tahunan, salah satu kegiatan dan forum silaturahmi yang dapat mewujudkan kebersamaan dan kekeluargaan dalam merajut dan  merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam  bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan menghormati perbedaan. 

Ketua FPK Inhil H Zaini Awang menyambut dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan Kesbangpol dan FPK Kabupaten Siak.

"Selamat datang di bumi hamparan kelapa dunia Kabupaten Indragiri Hilir kami ucapkan kepada Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Siak dan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Siak beserta rombongan. Semoga dengan Kunjungan Bapak/Ibu, Saudara/Saudari membawa berkah bagi kami dan terjalin hubungan persaudaraan yang lebih baik," ucapannya.

Ia juga menjelaskan FPK berdiri berdasarkan Peraturan Dalam Negeri (PERMENDAGRI) Nomor 34 Tahun 2002 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah. Dalam Bab II Pasal 2 ayat 2 menyatakan; Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Kabupaten/Kota menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh masyarakat, difasilitasi dan dibina oleh pemerintah Kabupaten/Kota. Pada Bab III Pasal 8 ayat 1 ; FPK dibentuk di Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Kelurahan/Desa. Dalam bab III juga Pasal 10 ayat 1 menyatakan; Keanggotaan FPK terdiri dari atas pimpinan organisasi pembauran kebangsaan,pemuka adat, suku, etnis dan masyarakat setempat.

"Untuk itu, besar harapan kami kegiatan-kegiatan FPK ke depan mendapatkan dukungan dan perhatian yang lebih besar, baik dari  sisi anggaran maupun diikutsertakan dalam kegiatan Satker maupun lembaga lainnya yang saling berhubungan. Pertemuan dan kegiatan yang intens seperti ini sangat bermanfaat dalam merajut serta merawat kebersamaan dan kekeluargaan antar suku dan etnis, guna menjaga persatuan dan kesatuan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir khususnya," harapnya.

Sementara itu, Ketua FPK Siak H Sutijo mengungkapkan bahwa ini merupakan yang pertama melakukan kunjungan kerja dan yang kedua kalinya datang ke Inhil kabupaten hamparan kelapa dunia.

"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Indragiri Hilir bersama FORKOPIMDA serta Pengurus FPK Kabupaten Indragiri Hilir yang telah menyambut kedatangan kami dengan sangat baik," ucapnya.

"Saya secara pribadi sangat salut karena FPK Inhil ini bisa merangkul sampai tingkat kecamatan hingga desa. Untuk itu, kami datang ke Inhil untuk belajar, dan kami berharap semoga ini menjadi motivasi kami agar FPK lebih baik lagi terutama dalam menjaga Keutuhan NKRI, kemudian membawa berkah bagi kami dan terjalin hubungan  persaudaraan yang lebih baik," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar