Puncak Peringatan HKG PKK ke-50, Tiga Kader PPKBD Inhil Terima Penghargaan

Sumiati Kader Desa Binangan Jaya (sumber foto: Dok. DP2KBP3A)

SIBERONE.COM - Beberapa Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) di berbagai Desa mendapatkan penghargaan dari Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 tahun 2022, Jumat (16/12/2022).

Sebelumnya, lomba program prioritas Pokja II tahun 2022-2023 berdasarkan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 dalam rangka peringatan HKG PKK ke-50 di Kabupaten Inhil dipusatkan di Gedung Dharma Wanita, Jl. Sungai Beringin, Tembilahan.

Adapun beberapa Kader PPKBD yang menerima penghargaan diantaranya Suminar Kader Kecamatan Pelangiran meraih juara 1 (satu) kategori pemaparan kegiatan Pokja II, Kader Desa Sialang Panjang Irhamna S.Pd meraih juara 2 (dua) dan Sumiati Kader Desa Binangan Jaya.

Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga.

"Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, sehingga apabila keluarga dapat kita berdayakan sesuai dengan potensinya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan," ucap Ketua TP PKK Inhil membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat pada puncak peringatan HKG PKK ke-50 tahun 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Inhil R. Arliansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk Subowo Radianto, SKM, M. Kes mengapresiasi atas terselenggaranya berbagai lomba juga kepada Kader PKK yang telah berhasil meraih penghargaan pada peringatan HKG PKK ke-50.

Ia berharap dengan lomba-lomba yang dilaksanakan TP-PKK di seluruh Kabupaten Inhil dapat meningkatkan kualitas perempuan-perempuan Inhil sebagai motor penunjang kesejahteraan keluarga.

"Dengan program-program dari PKK Inhil ini tentunya kedepannya kita berharap dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia khusunya perempuan-perempuan sebagai penunjang kesejahteraan keluarga, selain itu, kami berharap Kader-kader PKK dapat berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Inhil," ujar Subowo, Senin (19/12/2022).

Subowo Radiyanto SKM MKes juga mengatakan, Kader IMP sekarang ini mempunyai 6 peran dalam rangka ikut mensukseskan pemberdayaan masyarakat terutama program Keluarga Berencana (KB). Meliputi pengorganisasian, pertemuan, KIE dan konseling, pencatatan dan pendataan, pelayanan kegiatan dan kemandirian.

"Melalui enam peran baktinya, kader IMP telah menjangkau seluruh aspek, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan keluarga berencana, yakni pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Peran Kader IMP yang sangat penting terkait juga dengan Pokja II PKK adalah garda terdepan dalam melaksanakan penyuluhan dan pemberdayaan yang terfokus untuk kesejahteraan keluarga," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar