27 Puskesmas di Kabupaten Pekalongan Tanda Tangani Pakta Integritas

27 Puskesmas di Kabupaten Pekalongan tandatangani Pakta Integritas, Sumber foto: Suyanto.

SIBERONE.COM – Sebanyak 27 puskesmas yang diwakili oleh para Kepala Puskesmas (Kapus) yang ada di Kabupaten Pekalongan menandatangani dokumen pakta integritas sebagai wujud komitmen siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Bupati Pekalongan Kecamatan Kajen, Selasa (22/11).

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan bahwa penandatanganan pakta integritas tersebut merupakan wujud komitmen dan kesiapan puskesmas untuk melayani masyarakat dengan pelayanan terbaiknya.

“Pakta integritas ini juga berarti siap menerima sanksi atau hukuman apabila puskesmasnya mendapatkan banyak kompain dari masyarakat dan juga siap mendapatkan hadiah apabila banyak masyarakat senang dan suka berobat di puskesmas tersebut,” kata bupati.

Labih lanjut, Bupati mengatakan akan melakukan sidak ke puskesmas-puskesmas untuk mengecek apakah pakta integritas tersebut benar-benar dilaksanakan.

“Saya tadi sudah sampaikan kepada Kepala Dinkes bahwa saya nanti akan berkeliling. Tetapi saya tidak akan beri tahu waktunya kapan. Jika saya ke suatu daerah, nanti saya akan mampir ke puskesmas yang ada diwilayah tersebut untuk memastikan bahwa satu bulan sekali ada foto perawat atau dokter terbaik, dan yang memilih adalah masyarakat bukan Kepala Puskesmas,” tutur bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fadia sekaligus menyampaikan mekanisme yang ingin dia terapkan, “Nanti sehabis masyarakat berobat mereka dapat memilih siapa perawat dan dokter terbaik menurut pendapatnya. Mereka bisa memasukkan pilihannya. Nanti juga ada foto siapa yang terbaik setiap bulannya akan kita pajang dan setiap bulan kita ganti. Tetapi jika memang ada yang terus bertahan menjadi yang terbaik, maka fotonya akan terus dipajang. Tetapi kalau memang berganti ya setiap bulan akan berganti,” jelas bupati.

Melalui hal tersebut, bupati berharap dapat memberikan semangat kepada para tenaga kesehatan yang ada di puskesmas, “Saya ingin kita bisa seperti diswasta. Dirumah sakit swasta kita bisa lihat mereka ada perawat terbaik, dokter pilihan masyarakat terbaik, administrasi terbaik sehingga para tenaga kesehatan ini semangat memberikan pelayanan terbaik,” tuturnya.

Demikian, Bupati Pekalongan mengatakan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan juga untuk mendukung berjalannya program kesehatan gratis cukup pakai KTP di Kabupaten Pekalongan. 

Untuk itu, bupati meminta agar puskesmas-puskesmas dan para tenaga kesehatan di Kabupaten Pekalongan dapat satu visi dan misi dengan Bupati Pekalongan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan paling baik untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat terbaik dari hadirnya puskesmas di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan penandatanganan pakta integritas tersebut juga dihadiri dan disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan KB (P3AP2KB), serta Kabag Kesra Setda Kabupaten Pekalongan. (Suyanto).


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar