BNPT RI Gelar Kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, Ketua PWNU Riau Jadi Narasumber

Ketua PWNU Riau, KH T.Rusli Ahmad,SE,MM selaku salah satu narasumber saat menyampaikan materi dalam kegiatan BNPT RI melalui FKPT Riau, Senin (31/10/2022). (sumber foto: Siberone.com/Azril)

 


SIBERONE.COM - Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar SMA, SMK, MA sederajat, Mahasiswa, Komunitas Pemuda, Guru/staf pengajar serta Dinas Pendidikan mengikuti kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan Pitutur Kebangsaan "Ekspresi Indonesia Muda".

Kegiatan yang ditaja oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI melalui Forum koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Propinsi Riau ini berlangsung di gedung wanita Propinsi Riau yang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 14.30 wib, Senin (31/10/2022).

Diawali dengan registrasi peserta kemudian dilanjutkan dengan sesi acara demi acara yang berlangsung tertib.

Ketua PWNU Riau, KH T.Rusli Ahmad,SE,MM selaku salah satu narasumber dalam kegiatan BNPT RI melalui FKPT Riau tersebut Peran Aktif Pemuda, Pelajar dan organisasi kepemudaan dalam pencegahan terorisme.

Hal tersebut dimulai dengan pemahaman terlebih dahulu terkait apa itu Terorisme seperti yang tertuang didalam UU NO 5 Tahun 2018 pasal 1 ayat (2) dan Perpres No 7 Tahun 2021 pasal 1 ayat (3), kemudian bagaimana kata kunci dari Terorisme tersebut seperti perbuatan, kekerasan, ancaman kekerasan dan sebagainya.

Kemudian terkait pemahaman Intoleransi, Radikalisme, Terorisme serta penjabaran terkait faktor penyebaran radikalisme seperti pemahaman keagamaan yang literal, lemah dalam wawasan sejarah dan sosiologi dan seterusnya.

Pemaparan dilanjutkan kepada situasi tantangan global bangsa ke depan dan bagaimana peran aktif dalam pencegahan terorisme tersebut.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan itu, Ketua FKPT Riau Hj.Dinawati,S.Ag.MM, Direktur pencegahan BNPT Brigjen Pol R.Ahmad Nurwakhid,SE,MM, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kesbangpol Propinsi Riau, Dirbinmas Polda Riau.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar