Lakukan Audiensi dengan DPRD, DPD SWI Temanggung Komitmen Sampaikan Informasi ke Masyarakat

DPD SWI Temanggung Lakukan Audiensi dengan DPRD Temanggung di ruang kerja Kepala DPRD Temanggung, Senin, (24/10/2022). (sumber foto: Siberone.com/Sholikin)

 


SIBERONE.COM - Melakukan audiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Dewan Pimpinan Daerah Sekber Wartawan Indonesia (DPD SWI) Temanggung berkomitmen untuk menjalankan fungsi kontrol sosial dan pengawasan di Kabupaten Temanggung.

Hal itu disampaikan langsung oleh anggota DPD SWI Kabupaten Temanggung yang membidangi hubungan media massa, Hery Setyadi S.Sos, S.Sn. Ia berkata bahwa pihaknya akan langkah babak baru di lembaga legislatif. Bersama-sama dengan para wakil rakyat.

"Sebagai insan pers, kami akan menjalankan check and balance, baik di lembaga eksekutif maupun legislatif," ujar Hery Setyadi S.Sos, S.Sn saat beraudiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto SP di ruang kerjanya, Senin (24/10).

Ia menyebut keterbukaan informasi merupakan hal yang diinginkan masyarakat saat ini, dengan itu pula, peranan media sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat.

Tuntutan masyarakat saat ini adalah adanya transparansi, keterbukaan informasi bagi publik. Masyarakat berhak tahu apa yang dikerjakan oleh Pemkab selaku eksekutif dan DPRD selaku legislatif. Kami ingin terlibat dalam proses menyebarkan informasi berguna ke masyarakat," kata Wakil Pemimpin media Suara Garda Nasional (SGN) ini.

Penyampaian informasi yang ada dalam pemimpin suatu daerah, baik itu Pemerintah, Dewan dan Dinas hendaknya menyampaikan informasi secara transparansi kepada masyarakat, Sebab bagaimanapun, masyarakat adalah konsituen dan pemberi mandat bagi dewan.

"Pers posisinya sebagai media balance. Anggota kami akan mengumpulkan data, melakukan wawancara, menyimpulkan suatu agenda atau isu dan mendistribusikan berita kepada khalayak," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Yunianto menyampaikan kepada semua awak media silahkan meliput dan menginformasikan setiap kegiatan, karena wartawan merupakan mitra bagi pemerintah dalam melanjutkan informasi.

Dewan akan terbuka kepada insan pers yang hendak melakukan aktifitas kewartawanan. Silakan pro aktif meliput setiap kegiatan di dewan, apakah itu rapat paripurna atau kegiatan lain di dewan. Otomatif dengan adanya keterlibatan wartawan disini, akan menjadi mitra kami dalam menjalankan tugas pengawasan," kata pria yang sudah dua periode menjabat Ketua DPRD ini.

Jajaran DPD SWI Kabupaten Temanggung yang mengikuti audiensi antara lain Sekretaris DPD SWI Kabupaten Temanggung, Edi Purwoko dan Bendahara Dulhadi serta anggota yang lain.

 

 

Wartawan: Sholikin


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar