Inovasi Pelayanan Publik, Wujud Nyata Pelayanan Berkualitas


SIBERONE.COM - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mewujudkannya, diperlukan inovasi yang lebih efektif, efesien, manfaat, mempermudah dan memperlancar pelayanan kepada Masyarakat. 

“Ciptakan inovasi-inovasi, minimal setahu ada satu inovasi,” ajak Idza Priyanti sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat membuka Workshop Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Kabupaten Brebes di OR Setda Brebes, Selasa (2/2/2021).

Dalam sambutan tertulisnya, bupati menginginkan di tahun 2021 Kabupaten Brebes kembali masuk dalam TOP 99 dan TOP 45 seperti tahun 2019.  Brebes masuk nominasi melalui inovasi Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) guna mengatasi Anak Putus Sekolah (ATS)

“Ayo kita terus kembangkan inovasi pelayanan agar masyarakat lebih dimudahkan dalam pelayanan. Inovasi yang baik, pasti mampu mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes,” ujar Idza 
sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Narjo.

Bupati mengakui, masih rendah partisipasi Inovasi di tiap OPD dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk itu, Bupati menekankan agar semua OPD wajib menciptakan dan mengirimkan minimal satu Inovasi dalam KIPP 2021. 

“Kita harus mendorong gerakan satu instansi satu inovasi sesuai amanat Menpan RB nomor 5 tahun 2019 tentang KIPP di lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD,” tandasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kepala Bagian Organisasi Setda Brebes Dra Julining Pirula Dewi menggelar Workshop KIPP tingkat Kabupaten Brebes bagi perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Brebes. 

“Ada 56 peserta OPD, Perumda Air Minum Tirta Baribis, BPR Bank Brebes dan PT BPR BKK Banjarharjo. Untuk menghindari kerumunan, dibagi menjadi dua kelas,” ujar Dewi.

Selain peningkatan inovasi, Workshop ini juga untuk menginventarisir Inovasi yang ada sekaligus menumbuhkan semangat OPD untuk berinovasi serta mendorong percepatan peningkatan kualitas Pelayanan Publik. 

Sebagai narasumber, didatangkan Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Manajemen Pembangunan (PK2MP) LPPM Undip Semarang Drs Slamet Santoso MSi dan Frontline Service Cordinator KOMPAK Jawa Tengah Muhamad Bisri SSos MAP.
Dewi menyampaikan, peserta akan dibimbing narasumber untuk memulai dan mendokumentasikan inovasi dan menyusun proposal Inovasi. 

Diharapkan semua peserta dapat menyusun proposal  sesuai arahan atau materi yang disampaikan narasumber.
Dalam KIPP kabupaten Brebes, masing-masing OPD dan BUMD harus mengirimkan maksimal tiga Inovasi Pelayanan Publik. Dewan juri akan memilih 10 unggulan (TOP 10) yang selanjutnya disiapkan dalam KIPP tingkat Provinsi dan Nasional.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Assisten III Sekda Brebes Yuta Sugiharti, Kepala Bagian Organisasi Setda Brebes Julianing Pirulla Dewi serta Frontline Service Cordinator KOMPAK Jawa Tengah Muhamad Bisri S Sos MAP. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar