Bupati Pekalongan Diwakili Sekda Buka Secara Resmi TMMD Sengkuyung III 2022

Sekda Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. bersama Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya S.Sos., M.Han. (sumber foto: Humas Pemkab Pekalongan)

 


SIBERONE.COM - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si. memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III Tahun Anggaran (TA) 2022 di Desa Pakumbulan Kecamatan Buaran, Selasa (11/10) pagi.

Upacara pembukaan TMMD 2022 dengan tema ‘TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI’ ini diikuti oleh seluruh peserta upacara yang terdiri atas unsur TNI, Polri, PNS, Perangkat Desa Pakumbulan, Pelajar, dan komponen masyarakat Kecamatan Buaran. 

Dalam sambutan Bupati Pekalongan yang dibacakan Sekda menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada TNI dan seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan TMMD di Desa Pakumbulan, serta mengajak seluruh elemen Pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat untuk mendukung dan bekerjasama untuk menyukseskan TMMD Sengkuyung III di Desa Pakumbulan agar berjalan dengan baik dan lancar.


“Kami ingin seluruh desa di Kabupaten Pekalongan semakin maju dan mandiri. Kehidupan rakyat Kabupaten Pekalongan semakin sejahtera, jalan dan jembatan semakin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa semakin lancar. Sarana prasarana fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga semakin baik,” ucap Sekda.

Selain itu disampaikan pula oleh sekda bahwa Bupati Pekalongan berharap agar masyarakat Desa Pakumbulan dan Watusalam yang menjadi lokasi TMMD dapat memelihara hasil dari kegiatan TMMD Sengkuyung III dengan baik.

"Sehingga tujuan dan sasaran yang telah dicapai melalui kegiatan tersebut dapat berguna dan bermanfaat untuk kepentingan bersama," tandasnya.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya S.Sos., M.Han. mengungkapkan bahwa kegiatan TMMD Sengkuyung III menyasar pembuatan turap jalan sepanjang kurang lebih 700 meter didesa Pakumbulan karena alasan memiliki struktur tanah yang kurang stabil.

“Desa Pakumbulan ini memiliki struktur tanah yang agak kurang bagus sehingga perlu dibuatkan turap agar tanah tidak longsor dan jalan tidak amblas,“ terangnya saat diwawancarai awak media.

Ia berharap TMMD yang diadakan Ini bisa dirasakan seluruh masyarakat yang nerada di daerah.

“Dengan begitu kami berharap manfaat dari kegiatan TMMD dapat dirasakan masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang jauh maupun yang ada di pedalaman sekalipun,” jelasnya.

"Kegiatan TMMD di Desa Pakumbulan rencananya akan dilaksanakan selama 30 hari terhitung dari tanggal 11 Oktober 2022 hingga 9 November 2022 dengan rincian kegiatan pembangunan fisik berupa 2 segmen turap jalan yang meliputi segmen I turap sepanjang 384 meter dengan tinggi 0,6 meter dan segmen II turap dengan panjang 321 meter dan tinggi 0,6 meter," imbuh Dandim 0710 Pekalongan.

Selain TMMD Sengkuyung III, nantinya juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan penyuluhan yang menarik dan bermanfaat untuk masyarakat Desa Pakumbulan dan sekitarnya seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kampanye penerimaan prajurit TNI, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan UMKM, penyuluhan kebencanaan, dan penyuluhan PKK.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir, Dandim 0710 Pekalongan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pekalongan, Kepala Bappeda Kabupaten Pekalongan, Kepala DPU Taru Kabupaten Pekalongan, Wakapolres Pekalongan, dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan.

 

 

Wartawan: Suyanto


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar