Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Apresiasi Tanaman Toga di Desa Tekulai Hulu

ketua TP PKK Hj Zulaikha Wardan apresiasi tanaman obat keluarga (Toga) PKK Tekulai Hulu, Selasa (4/10/2022). (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

 


SIBERONE.COM - Disela-sela kunjungannya dalam menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Tekulai Hulu kecamatan Tanah Merah, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs H Muhammad Wardan, bersama ketua TP PKK Hj Zulaikha Wardan apresiasi tanaman obat keluarga (Toga).


Keberadaan Tanaman Obat Keluarga (Toga) PKK Desa Tekulai Hulu, Kecamatan Tanah Merah, menjadi daya tarik Ketua TP PKK Inhil Hj. Zulaikhah Wardan.


Menurut Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 


"Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga," ujar Hj Zulaikha Wardan kepada awak media, Selasa (4/10/2022).


Hj. Zulaikhah Wardan selaku Ketua TP PKK Inhil mengatakan. Atas nama Ketua TP PKK Inhil mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dan Pengurus PKK Desa Tekulai Hulu dalam membuat tanaman obat keluarga, selain bermanfaat untuk edukasi warga juga bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan untuk obat.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan bangga kepada ketua tim penggerak PKK Desa Tekulai Hulu, tentunya juga atas keinginan ketua tim penggerak PKK Kecamatan Tanah Merah bersama-sama dengan seluruh pihak telah memberikan yang terbaik dan ini adalah merupakan contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Indragiri Hilir Semoga ketua-ketua TP PKK Kecamatn desa dan kelurahan Kabupaten Indragiri Hilir juga melaksanakan kegiatan seperti ini," harap bunda Ika.


Terakhir Ketua TP PKK Hj. Zulaikhah Wardan menyampaikan, inilah  tujuan dari pada 10 program pokok PKK kalau ini termasuk di Pokja tiga jadi sudah luar biasa. "Dan saya apresiasi mudah-mudahan ini dapat menjadi contoh bagi Kecamatan, Kelurahan dan Desa lainnya di Kabupaten Indragiri Hilir," tutup Hj. Zulaikhah Wardan.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar