Kapolda Riau Turun Langsung Pantau Ketertiban Pengendara dalam Operasi Zebra Lancang Kuning dan Bagikan Helm

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal memasangkan helm kepada anak-anak pada Operasi Zebra Lancang Kuning 2022, Selasa (4/10/2022). (sumber foto: Humas Polda Riau)

 


SIBERONE.COM - Memasuki pelaksanaan hari kedua Operasi Zebra Lancang Kuning 2022, Sesuai janjinya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, berkesempatan turun langsung ke jalan menyapa para pengendara, Selasa (4/10/2022).

Di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Pos Lantas Gurindam 1, Irjen Iqbal didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dan jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau, menyapa masyarakat yang melintas.

Dengan ramah, Mantan Kapolda NTB ini menyapa sejumlah pengendara yang lewat dan juga memberikan dan memasangkan helm, khususnya kepada anak-anak yang duduk di boncengan.

Dengan mengenakan rompi khas Polantas berwarna hijau cerah Jendral Polisi bintang 2 itu mengatakan, ia sengaja turun memantau situasi arus lalu lintas saat jam sibuk, antara pukul 05.30 WIB hingga 08.00 WIB.

"Saya kira ini adalah situasi dan kondisi yang sesungguhnya, dimana jam-jam pada pukul 05.30 sampai 08.00 adalah jam sibuk. Juga rawan kemacetan, rawan kecelakaan juga. Bahkan rawan keamanan, rawan terjadinya gangguan keamanan," ucap Irjen Iqbal saat diwawancarai di lokasi.

Lanjut Kapolda Riau, terkait antisipasi kerawanan tersebut, pihaknya sudah menyiapkan tim yang turun ke lapangan. Polantas sudah bersiaga di lokasi sejak subuh.

"Tim kami pukul 5 sudah harus keluar dari rumah untuk melaksanakan tugas mulianya, berdiri, dan plotting di simpul-simpul ruas jalan yang sudah kita mapping di mana potensi kerawanan yang tadi saya sebutkan," terang mantan Kadiv Humas Polri ini.

Dikatakan Kapolda Riau, selama Operasi, ia mendapati banyak orang tua yang membonceng anak-anaknya tanpa menggunakan helm.

"Kalau kita persentase hampir sekitar 40 persen pengguna sepeda motor di Pekanbaru yang membawa putra-putrinya antar sekolah, tidak pakai helm. Sayangi anak-anak, masa kita sendiri yang selamat," imbuh Irjen Iqbal.

Sekaligus, petugas diarahkan agar memberikan sosialisasi dan edukasi, supaya anak-anak yang dibonceng juga harus dilindungi keselamatannya.

"Bahwa anak itu bukan tameng loh ya, saya lihat orangtuanya pakai helm, atau saudaranya pakai helm, anaknya di depan tidak pakai helm, ada juga di belakang. Oleh karena itu saya perintahkan agar mengimbau masyarakat, supaya semua pengguna jalan selamat sampai tujuan," ulasnya.

Sebelumnya, mendekati hari pelaksanaan, sebelumnya petugas sudah gencar melakukan sosialisasi terperasi Zebra Lancang Kuning 2022.

Petugas mendatangi titik-titik keramaian. Petugas menggunakan spanduk dan brosur mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022.

 

 

Wartawan: A-R


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar