Peristiwa Gempa Bumi Guncang Wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas II - III MMI

Ilustrasi, Kabupaten Sumedang diguncang gempa bumi langka terjadi, Minggu (2/10/2022). (sumber foto: MalangTIMES)

 

SIBERONE.COM - Peristiwa gempa bumi langka terjadi di Kabupaten Sumedang. Di wilayah tersebut telah diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 2,7, Minggu (2/10/2022)  pada pukul 13.51.58 WIB.

Episenter terletak pada koordinat 6.83 LS dan 107.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km Utara Sumedang  pada kedalaman 16 kilometer.     

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cileunyi-Tanjungsari," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto. 

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas II - III MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujar dia. 

Hingga pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
 

Sumber: iNews.ID


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar