Tradisi Tahunan, Bupati Pekalongan Secara Resmi Bedah Bendung Gembiro

Bupati Pekalongan Secara Resmi Buka Bendung Gembiro , Sabtu (1/10/2022). (sumber foto: Humas Pemkab Pekalongan)

 


SIBERONE.COM - Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, SE, MM. secara resmi membuka Bendung Gembiro yang terletak di perbatasan Desa Bukur, wilayah Kecamatan Bojong dan Desa Krandon Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (1/10/2022).

Dikatakan Kepala DPU Taru Kabupaten Pekalongan, Murdiarso SP, pembukaan bendung dalam rangka pengeringan total, untuk menguras lumpur di hulu bendung dan untuk pemeliharaan pintu Bendung Gembiro.

"Pembukaan Bendung Gembiro berdasarkan jadwal pengeringan total dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemali Comal Dinas PUSDA TARU Provinsi Jawa Tengah," ujar Murdiarso menyampaikan laporannya.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq SE MM mengungkapkan harapannya, dengan pemeliharaan bendung yang rutin, panen di Kabupaten Pekalongan lancar dan tidak terjadi banjir. 

“Mudah-mudahan lancar semua pertaniannya. Bendung berfungsi sebagai pengendali banjir 6 desa dan sawah dari beberapa wilayah kecamatan juga teraliri dari bendungan ini. Insya allah dengan hari ini akan berlimpah ruah juga ikannya,” tutur bupati. 

Pembukaan atau Bedahan Bendung Gembiro juga menjadi agenda tahunan yang ditunggu-tunggu warga Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya untuk menangkap ribuan bahkan jutaan ikan yang hanyut pada saat bendung dibuka. 

Bupati juga berpesan agar saat melakukan penangkapan ikan hendaknya dilakukan dengan berhati-hati.

“Pesan saya, pada saat kita buka, pada saat  kita resmikan, tolong berhati-hati, ikuti tata tertib semuanya, jangan terlalu dekat, jangan sampai memakan korban. Sehingga hari ini Insya Allah semua berjalan lancar,” ujar bupati.  

“Mudah-mudahan tahun depan nanti kita akan buat semarak lagi, kita buat lebih bagus lagi, supaya menjadi wisata kita, untuk mendatangkan orang-orang dari luar daerah untuk melihat acara ini,” lanjut Bupati.

Tampak hadir dalam acara tersebut Dinas PUSDA TARU Provinsi Jawa Tengah, BBWS Pemali Juana, Balai PSDA Pemali Comal, Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Sekda Kabupaten Pekalongan dan jajarannya, Pimpinan BUMN,  impinan Bank Jateng dan BUMD lainnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan,  Forkopimcam Bojong dan Kesesi, Kades dan perangkat Desa Bukur (Kecamatan Bojong)

Untuk diketahui, Bendung Gembiro merupakan pensuplai kebutuhan air lahan pertanian seluas 1.393 ha di wilayah Kecamatan Sragi dan Kecamatan Kesesi yang juga merupakan bangunan pengendali banjir di 6 desa di wilayah Kecamatan Kesesi dan Kajen. Ke-enam desa tersebut, yaitu, Jagung, Watugajah, Langensari Kecamatan Kesesi, Kutorejo, Sangkanjoyo, dan  Pekiringan Alit, Kecamatan Kajen.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar