Babinsa Desa Kelapa Patih Jaya, Praka Piki Eka Putra Waldi Kampanyekan Stop Membakar Lahan

Praka Piki Eka Putra Waldi, Babinsa Koramil 06/KTM melakukan patroli karhutla di wilayah Kelapa Patih Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Sabtu (1/10/2022). (sumber foto: Batituud Koramil 06/KTM)

 

 


SIBERONE.COM - Praka Piki Eka Putra Waldi, Babinsa Koramil 06/KTM, jajaran Kodim 0314/Inhil, bersama dengan warga binaan melakukan patroli bersama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kelapa Patih Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).


"Kita ketahui bersama-sama wilayah kelapa Patih Jaya merupakan daerah gambut yang rawan terhadap api, untuk itu kami melakukan patroli menyasar perkebunan masyarakat di sini," kata Praka Piki Eka Putra Waldi kepada awak media, Sabtu (01/10/2022) pagi.


Ia juga mengungkapkan bahwa dengan patroli tentunya, sangat efektif untuk memantau langsung area perkebunan yang rawan terjadinya kebakaran.


Praka Piki Eka Putra Waldi juga mengungkapkan kegiatan sosialisasi patroli Karlahut bersama warga akan terus menerus dilakukan, sehingga tidak terjadi kebakaran di wilayah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


"Kita pasang tanda warning di wilayah-wilayah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga dapat kita pemantauan patroli titik api dan asap," pungkasnya.


Selain itu patroli babinsa melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran lahan masyarakat maupun hutan, karena itu dapat membuat pencemaran lingkungan udara.


"Banyak yang dirugikan kalau sudah kebakaran lahan masyarakat, hasil perkebunan kita terganggu, karena tidak produktif setelah terbakar dan juga kesehatan kita terlalu banyak menghirup asap, jadi itu dampak yang terlihat, belum lagi pelaku dapat ancaman pidana," tegasnya.


Jadi masyarakat harus berpikir ulang untuk membuka lahan-lahan pertanian dengan cara membakar, masih banyak cara untuk membersihkan semak belukar dengan cara di racun maupun di babat sehingga bersih.
 

"Ayo kita bersama-sama Kampanyekan Stop Membakar Lahan sehingga di daerah kita terhindar dari kebakaran hutan dan lahan," tutupnya.


Sumber Batituud Koramil 06/KTM.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar