Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Ahmad Efendi: Perkuat Besic Pengenalan Pendidikan Moral Pancasila

Ahmad Ependi, Kepala Desa Sungai Intan Sekjen APDESI Indragiri Hilir. (sumber foto: PPID Desa Sungai Intan)

 


SIBERONE.COM - Memperingati hari kesaktian pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September atau G30S PKI yang terjadi pada 1965.

Ahmad Ependi, Kepala Desa Sungai Intan mengajak masyarakat memperkuat besic Pengenalan dan pengayaan Pendidikan Moral Pancasila.

Hal itu dikatakan Efendi mengingat Bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi krisis dan tantangan yang besar.

"Pancasila merupakan titik temu berbagai ideologi yang mengikat bangsa Indonesia dalam satu simpul kekeluargaan dan dalam satu semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Namun ideologi Pancasila saat ini belum dapat dijiwai sebagai falsafah dan keselamatan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ia memaparkan salah satu tantangan yang sedang dihadapi Indonesia adalah nilai–nilai Pancasila tampak sudah tidak dijadikan sumber etika.

"Salah satu tantangan Indonesia adalah nilai–nilai Pancasila sepertinya sudah tidak dijadikan sumber etika dalam berbangsa dan bernegara oleh sebagian oknum masyarakat dan segelintir oknum aparat, oknum pejabat dan oknum yang memiliki jabatan sebagai petinggi di Republik ini, baik oknum tersebut berada di lembaga Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif," papar Sekjen APDESI Kabupaten Inhil itu, Sabtu (1/10/2022).

Efendi mengatakan Perbuatan yang menciderai Nilai-nilai luhur Pancasila salah satunya ialah tindakan tidak amanah dalam menjalankan Jabatan.

Untuk itu, ia mengajak untuk menjadikan pancasila senantiasa hadir dalam institusi pendidikan baik formal maupun nonformal.

"Memperkuat besic pengenalan dan pengayaan Pendidikan Moral Pancasila untuk generasi emas Bangsa menjadi hal yang wajib diterapkan dalam dunia Pendidikan kita saat ini," pungkasnya.

 


Sumber: PPID Desa Sungai Intan


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar